Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Pola Asuh Anak

Dian Sih Miyati, Upik Elok Endang Rasmani, Anjar Fitrianingtyas

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap pola asuh anak. Penelitian ini menggunakan metode survei ex post facto. Populasi penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak usia 5-11 tahun di Dawung Kulon, Serengan, Serengan, Surakarta. Sampel yang dipilih adalah 125 orang tua. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu angket,observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas instrumen menggunakan teknik analisis corrected item-total correlation. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis statistik regresi linear berganda melalui pengujian parsial (uji t) dan pengujian koefisien determinan (r square) dengan taraf signifikansi sebesar 0,05 menggunakan bantuan SPSS 16 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari tingkat pendidikan orang tua terhadap pola asuh anak, ditunjukkan dari hasil uji t hitung sebesar 2,328 dengan signifikansi 0,000. Hal ini dapat dijelaskan bahwa setiap peningkatan nilai tingkat pendidikan orang tua akan meningkatkan nilai pola asuh, sehingga dapat digunakan untuk menjelaskan bahwa tingkat pendidikan orang tua merupakan salah satu faktor munculnya pola asuh anak.

 

Kata Kunci : Tingkat Pendidikan, Orang Tua, Pola Asuh, Anak

       

ABSTRACT This study aims to determine and prove the effect of the level of education of parents on parenting styles. An ex post facto survey method was used in this study. The population of this research were parents who have children aged 5-11 years in Dawung Kulon, Serengan, Surakarta. One hundred and twenty-five parents was selected as the sample. Proportional random sampling was performed. The data collection techniques used were questionnaires, observation, interviews, and documentation. The validity of the instrument used the corrected item-total correlation analysis technique. Data analysis to test the hypothesis used statistical analysis of multiple linear regression through partial testing (t test) and testing of the determinant coefficient (r square) with a significance level of 0.05 using the help of SPSS 16 for windows. The result showed that there was a significant positive effect of the level of parental education on parenting, as indicated by the t-test result of 2.328 with a significance of 0.000. This result can explain that each increase in the value of the level of parental education will increase the value of parenting, so that it can be used to explain that the level of education of parents is one of the factors in the emergence of child parenting.

 

Keywords: Level of Education, Parents, Parenting Styles, Children

Keywords

Tingkat Pendidikan, orangtua, pola asuh, anak

Full Text:

PDF

References

Dalimonte-Merckling, D., & Williams, J. M. (2016). Parenting styles and their effects. In The Curated Reference Collection in Neuroscience and Biobehavioral Psychology.https://doi.org/10.1016/B978-0-128093245.23611-0 Darling, N., & Steinberg, L. (1993). Parenting style as context: An integrative model. Psychological Bulletin, 113(3), 487- 496. https://doi.org/10.1037/00332909.113.3.487 Dasmo, Nurhayati, & Marhento, G. (2015).Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ipa. Jurnal Formatif , 132-139. Djamarah, & Bahri, S. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta. Edward. (2006). Ketika anak sulit diatur : panduan orangtua mengubah masalah perilaku anak. Bandung: PT. Mizan Pustaka. Grossman, M. (2000). The Human Capital Model. In Handbook of Health Economics (pp. 347–406). Guryan, Jonathan, Erik Hurst, and Melissa Kearney. 2008. “Parental Education and Parental Time with Children.” Journal of Economic Perspectives 22(3): 23-46. Hamalik, O. (2002). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Hurlock, E. B. (1997). Perkembangan Anak Jilid I (edisi ke enam). Jakarta: Erlangga. Ihsan, F. (2005). Dasar-dasar pendidikan.Jakarta: PT Rineka Cipta. Kalil, Ariel, Rebecca Ryan, and Michael Corey. 2012. “Diverging Destinies: Maternal Education and the Developmental Gradient in Time With Children.” Demography 49:1361-1383. Kornrich, S., & Furstenberg, F. (2013). Investing in Children: Changes in Parental Spending on Children, 1972-2007. Demography, 50,1-23. https://doi.org/10.1007/s13524-012-0146-4 Lestari, R. W. (2011). Pengaruh Upah, Tingkat pendidikan Dan Teknologi Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja Pada Industri Kecap Di Kecamatan Pati Kabupaten Pati.Thesis , 1-94. Santrock, J. (2013). Childhood Development. 14th Edition. New York: McGraw-Hill Education. Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Yatim, D.I. dan Irwanto. 1991 . Kepribadian, Keluarga, dan Narkotika : Tinjauan Sosial Psikologis. Jakarta Penerbit: Arcan. Yusuf. (2013). Teori belajar dalam praktek. Makassar: Alauddin University Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.