METODE PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI

Ayu Bella Pertiwi, Anayanti Rahmawati, Ruli Hafidah

Abstract

Metode pembelajaran merupakan suatu cara yang digunakan dalam menyampaikan materi untuk mencapai tujuan. Anak usia dini memiliki perbedaan penerimaan dengan orang dewasa ketika mempelajari bahasa, tak terkecuali dengan bahasa Inggris. Perlu adanya penggunaan berbagai metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sehingga anak termotivasi untuk mengikuti proses kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini untuk mendapat gambaran mengenai penerapan metode pembelajaran bahasa Inggris yang digunakan di taman kanak-kanak di gugus III Kecamatan Ploso Jombang. Pendekatan pada penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan desain fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru taman kanak-kanak yang melaksanakan pembelajaran bahasa Inggris dalam kegiatan belajar mengajar dengan jumlah 8 guru. Sumber data dari penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif menurut Cresswell berupa data mentah, menyusun dan mempersiapkan data, membaca seluruh data, memberi kode pada semua data untuk melakukan analisis lebih detail, menyajikan deskripsi dan tema dalam bentuk narasi, saling menghubungkan tema/deskripsi, dan mengintepretasi atau memaknai tema/deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran bahasa Inggris yang digunakan guru yaitu metode bernyanyi (62%), metode meniru/drilling (25%), dan metode permainan (13%). Dari ketiga metode yang digunakan perkembangan kosakata bahasa Inggris anak masih belum sesuai dengan capaian yang diinginkan.

 

Keywords

Metode pembelajaran bahasa Inggris, anak usia dini, kosakata.

Full Text:

PDF

References

Adi, S.S., Wijaya, R.C. (2018). Teaching English Vocabulary Using Spelling Games for Indonesian Kindergarten Students: A Case Study. Erudio: Journal of Educational Innovation, 5 (2)

Arinoviani, K.D., Pudjawan, K., & Antara, P.A. (2016). Penerapan Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Anak Kelompok A1 Dalam Kegiatan Ekstrakulikuler. e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 4 (2).

Fantika, S., Ratmanida. (2016). Using Pictures to Tell Stories In Teaching Speaking Narrative Text to Senior High School Students. Journal of English Language Teaching, 5 (1). Diperoleh pada 12 September 2020, http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jelt/article/view/7263

Isik, M.A. (2016). The Impact of Storytelling on Young Ages. European Journal of Language and Literature Studies, 2 (3). Diperoleh pada 15 Juli 2020, https://econpapers.repec.org/article/eurejlsjr/87.htm

Kurnia, C. (2017). Increasing Young Learners’ Vocabulary Mastery by Using English Songs. Mercu Buana University of Yogyakarta: English Education Department Faculty of Teacher Training and Education. 3 (1).

Laili, R.N., Nashir, M. (2019). Penerapan Bahasa Inggris Terintegrasi Dengan Pembelajaran Di Tpq Al-Mataab Desa Tembokrejo – Muncar – Banyuwangi. Jurnal Terapan Abdimas, 4 (1), 28-32. Diperoleh pada 22 Agustus 2020, http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JTA/article/view/3804

Nuraeni, C. (2019). Using Total Physical Response (TPR) Method on Young Learners English Language Teaching. Metathesis: Journal of English Language Literature and Teaching, 3 (1), 26 – 34

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.

Rahmadhani, A.P. (2015). Techniques in Teaching Vocabulary to Young Learners at LIA English Course. TELL: US Journal. 1 (2).

Rojanabenjakun, P. (2016). The Affect Factors of Learning English Language for Early Childhood. International Journal of Management and Applied Science, 2 (11).

Shabaneh, Y., Farrah, M. (2019). The Effect of Games on Vocabulary Retention. Indonesian Journal of Learning and Instruction, 2 (1). Diperoleh pada 08 Juli 2020. https://journal.uniku.ac.id/index.php/IJLI

Shi, T. (2018). A Study of the TPR Method in the Teaching of English to Primary School Students. Theory and Practice in Language Studies. 8 (8), 1088.

Soetjoningsih, C.H. (2012). Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai Dengan Kanak-Kanak Akhir. Jakarta: Prenada

Suhendan. (2013). Using Total Physical Response Method in Early Childhood Foreign Language Teaching Environments. Procedia: Social and Behavioral Sciences, 1766 – 1768.

Wulanjani, A.N. (2016). The Use of Vocabulary-Games in Improving Children’s Vocabulary in English Language Learning. Jurnal: Transformatika Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 12 (1). Diperoleh 12 Juli 2020, https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/transformatika/article/view/201

Yamin, M. (2017). Metode Pembelajaran Bahasa Inggris di Tingkat Dasar. Jurnal: Pesona Dasar, 1 (5), 82-97.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.