MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PEMBELAJARAN MULTIMEDIA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Ersanita Gunanti, Siti Wahyuningsih, Nurul Kusuma Dewi

Abstract

Konsep bilangan merupakan kegiatan yang melibatkan pemikiran menghitung, membilang, menghubungkan benda dengan angka, serta membandingkan. Pengenalan konsep bilangan pada anak usia dini harus distimulasi agar memahami konsep bilangan dengan baik sehingga dengan mudah memahami operasi bilangan yang lebih kompleks di pembelajaran matematika selanjutnya, melatih penalaran logika atau kemampuan berpikir  untuk melatih anak memecahkan suatu masalah serta meningkatkan kreatifitas. Stimulasi dapat diberikan melalui pemebalajaran multimedia. Tujuan dari penelitian ini yaitu guna meningkatkan potensi mengenal konsep bilangan dengan cara memberi pembelajaran  multimedia pada anak usia 4-5 tahun. Tindakan dalam kelas pada penelitian ini pelaksanaannya selama 2 siklus. Masing-masing siklus terbagi atas 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Penelitian ini mengambil subjek dan sumber data yaitu sebanyak 12 anak kelompok A1 pra tk - tk lazuardi kamila gis surakarta. Teknik mengumpulkan data dilakukan dengan tes dokumentasi, wawancara, serta observasi. Pengujian validitas data yang dipakai yaitu triangulasi sumber serta teknik untuk analisis data dalam analisis interaktif yang dikemukakan oleh miles and huberman. Hasil penelitian memperlihatkan kenaikan kemampuan mengenal konsep bilangan. Hasil pretes didapat data dengan jumlah 3 dari 12 anak tuntas atau sebanyak 25%. Hasil observasi siklus didapat data dari 12 anak ada 6 anak ataupun sebanyak 50% dinyatakan tuntas. Siklus ke ini ada kenaikan sebanyak 83,3%  atau 10 anak telah dinyatakan   tuntas. Hasil  penelitian bisa ditarik kesimpulan yaitu dengan melalui  pembelajaran berbasis multimedia bisa menaikkan  kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun.

Keywords

pengenalan konsep bilangan, pembelajaran berbasis multimedia

References

Ariesandi Setyono. (2010). Mathemagics: Cara Jenius Belajar Matematika.Gramedia Pustaka Utama.

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Darmawan, D. (2012). Inovasi Pendidikan (Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: Remaja Rosdakarya

Isnawati, N. (2009). Membuat Anak Pintar Berhitung Hanya Dalam 30. Yogyakarta: GARAILMU

Khadijah. (2016) Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing

Malik, S. & Agarwal, A. (2012). Use of Multimedia as a New Educational Technology Tool–A Study. International Journal of Information and Education Technology, Vol. 2, No. 5 (web: http://iijet.org diunduh tanggal 11 November 2016)

Mursid. (2015). Belajar dan pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ramaini. (2012). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Tabung Pintar di TK Negeri Pembina Lubuk Basung. Jurnal Pesona PAUD Vol. 1 No. 03 (web: http://ejournal.unp.ac.id diakses tanggal 29 November 2016)

Shilpa, SAriesandi Setyono. (2010). Mathemagics: Cara Jenius Belajar Matematika.Gramedia Pustaka Utama.

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Darmawan, D. (2012). Inovasi Pendidikan (Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: Remaja Rosdakarya

Isnawati, N. (2009). Membuat Anak Pintar Berhitung Hanya Dalam 30. Yogyakarta: GARAILMU

Khadijah. (2016) Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing

Malik, S. & Agarwal, A. (2012). Use of Multimedia as a New Educational Technology Tool–A Study. International Journal of Information and Education Technology, Vol. 2, No. 5 (web: http://iijet.org diunduh tanggal 11 November 2016)

Mursid. (2015). Belajar dan pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ramaini. (2012). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Tabung Pintar di TK Negeri Pembina Lubuk Basung. Jurnal Pesona PAUD Vol. 1 No. 03 (web: http://ejournal.unp.ac.id diakses tanggal 29 November 2016)

Shilpa, Singh & Sunita, Mishra. 2013. A Study About Role of Multimedia in Early Childhood Education. International Journal of Humanities and Social Science Invention. 2: 80-85. (web: http://www.ijhssi.org diakses tanggal 29 November 2016)

Smith, Susan S. (2016). Early Childhood Mathematics. Pearson: New York Cardinal Stricht University

Suprapti, E. (2015). Peningkatan Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini Denganmicrosoft Powerpoint Ispring pada Materi Pengenalan Konsep Bilangan. Jurnal Pedagogi, Volume 2 Nomor 2. (web: http://journal.um-surabaya.ac.id diakses tanggal 11 November 2016)

Umah, R.R. & Julianto. (2016). Pengaruh Media Bakar Sate terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Kelompok A. Jurnal PAUD Teratai Volume 05 Nomor 01.(web: http://ejournal.upi.edu diakses tanggal 11 November 2016)

ingh & Sunita, Mishra. 2013. A Study About Role of Multimedia in Early Childhood Education. International Journal of Humanities and Social Science Invention. 2: 80-85. (web: http://www.ijhssi.org diakses tanggal 29 November 2016)

Smith, Susan S. (2016). Early Childhood Mathematics. Pearson: New York Cardinal Stricht University

Suprapti, E. (2015). Peningkatan Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini Denganmicrosoft Powerpoint Ispring pada Materi Pengenalan Konsep Bilangan. Jurnal Pedagogi, Volume 2 Nomor 2. (web: http://journal.um-surabaya.ac.id diakses tanggal 11 November 2016)

Umah, R.R. & Julianto. (2016). Pengaruh Media Bakar Sate terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Kelompok A. Jurnal PAUD Teratai Volume 05 Nomor 01.(web: http://ejournal.upi.edu diakses tanggal 11 November 2016)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.