ANALISIS GANGGUAN PSIKOSOSIAL DAN EMOSIONAL AUD DI RA NURUL IMAN MEDAN BELAWAN SELAMA PEMBELAJARAN BERBASIS DARING

Ismi Fauziah, Ernita Ernita, Diah Rini Octavia, Muzliani Dwiyanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Ragam gangguan psikososial dan emosional AUD selama pembelajaran berbasis daring, (2) upaya penanganan gangguan psikososial dan emosional AUD. Penelitian ini dilaksanakan di RA Nurul Iman Medan Belawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif berbasis studi kasus, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini Siswa, Guru dan Orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perubahan sikap tersebut di antarnya, untuk psikososial adanya sikap Pembangkangan (Negativism), Agresi (Aggression), Mementingkan Diri Sendiri (Selfishness), sedangkan untuk gangguan psikoemosional Sikap Pemalu, Emosi berlebihan (arogansi). Adapun upaya atau solusi yang dilakukan terhadap gangguan itu ialah sebagai berikut Mengalihkan anak dengan kegiatan bermain, Metode keteladanan, Kegiatan bermain kelompok dan Metode Nasihat.

Keywords

Psikososial, Psikoemosional, anak, Covid-19

Full Text:

PDF

References

Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat, Kajian Singkat Terhadap Isu Aktuan Dan Strategis, XII(No. 7/I/Puslit/April/2020), 13–18.

Chamidah, A. N. (2009). Deteksi dini gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak. Jurnal Pendidikan Khusus, 5(2), 83–93.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., Sudarso, A., Leuwol, N. V., Apriza, A., & Sahabuddin, A. A. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Hanum, L. (2020). Analisis Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing dan Ceramah Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 36–54.

Hasibuan, H. R., & Panjaitan, R. W. (2020). Pemikiran Ibnu Qoyyim tentang Proteksi Minat dan Motivasi Belajar dalam Kitab Ad-daa’wa Ad-dawaa’. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 55–71.

Hendrastomo, G. (2008). Dilema dan Tantangan Pembelajaran E-learning. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 1–13.

Lubis, M., Yusri, D., & Gusman, M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning (Studi Inovasi Pendidik MTS. PAI Medan di Tengah Wabah Covid-19). Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 1–15.

Lubis, R. R. (2018). Optimalisasi Kecerdasan Spiritual Anak. Jurnal Al-Fatih, 1(1), 1–18.

Lubis, R. R., Dalimunthe, R. A., & Efendi, R. (2020). Reduksi Perilaku Bolos Sekolah (Studi Tentang Kerja Sama Guru PAI dan IPS di MTs PAI Medan). Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 12(1).

Lubis, R. R., & Nasution, M. H. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 3(1), 15–32.

Mashar, R. (2015). Emosi anak usia dini dan strategi pengembangannya. Kencana.

Putro, K. Z., Amri, M. A., Wulandari, N., & Kurniawan, D. (2020). Pola Interaksi Anak dan Orangtua Selama Kebijakan Pembelajaran di Rumah. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 124–140.

Rahmawati, R. H. (2013). Studi Tentang Permasalahan Sosial dan Penanganannya pada Anak Usia Dini Kelompok A di Desa Torjun Kabupaten Sampang. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling UNESA, 4(1).

Sari, D. A., Mutmainah, R. N., Yulianingsih, I., Tarihoran, T. A., & Bahfen, M. (2020). Kesiapan Ibu Bermain Bersama Anak Selama Pandemi Covid-19,“Dirumah Saja.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 475–489.

Sit, M. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi Pertama. Kencana.

Sukatin, Q. Y. H., Alivia, A. A., & Bella, R. (2020). Analisis Psikologi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 156–171.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34.

Uce, L. (2017). The golden age: Masa efektif merancang kualitas anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 77–92.

Yulisetyaningrum, Y. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1), 221–228.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.