Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Penggunaan Media Pop-Up Picture Book Anak Usia 4-5 Tahun

Richna Nisrina, Warananingtyas Palupi, Adriani Rahma Pudyaningtyas

Abstract

Tujuan penelitian dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui  penggunaan media pop-up picture book anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di TK Aisyiyah 34 Karangturi dan dilaksanakan selama 8 bulan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas dan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart terdiri dari 2 siklus dan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun dan berjumlah 17 anak. Sumber data primer dalam penelitian ini terdiri dari anak, guru, hasil penilaian, dan sumber data sekunder terdiri dari dokumentasi selama kegiatan pembelajaran, rencana pembelajaran. Teknik pengumpulan data kuantitatif menggunakan tes, dan teknik pengumpulan data kualitatif meggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data kuantitatif yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif dan teknik analisis kualitatif menggunakan model interaktif. Indikator yang digunakan pada penelitian ini meliputi: 1) Membilang benda 1-10; 2) Menunjukkan urutan objek benda dengan lambang bilangan 1-10; 3) Memasangkan objek benda dengan lambang bilangan 1-10; 4) Membedakan jumlah benda yang lebih banyak dan lebih sedikit. Hasil penelitian yang diperoleh pratindakan dengan rata-rata klasikal yaitu 29% atau sebanyak 5 anak tuntas. Siklus I terjadi peningkatan dengan rata-rata klasikal yaitu 53% atau sebanyak 9 anak tuntas, hal ini dikarenakan aturan yang dibuat oleh guru agar kelas kondusif. Siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata klasikal 82% atau sebanyak 14 anak tuntas, hal ini dikarenakan perbedaan kegiatan pembelajaran dan pemisahan konsep bilangan 1-5 terlebih dahulu lalu dilanjutkan 6-10. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pop-up picture book dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A TK Aisyiyah 34 Karangturi Tahun Ajaran 2019/2020

Keywords

anak usia dini, konsep bilangan, media pop-up picture book

Full Text:

PDF

References

Adityasari, A. (2013). Main matematika yuk. Jakarta: Gramedia.

Agustina, & Heribertus. (2007). Magic mathematich’s: cara kreatif belajar matematika. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Azkeskin, K., Güven, G., Güral, M., & Sezer, T. (2013). Parenting styles: parents with 5-6 years old children. Journal of Educational and Instructional Studies in the World, 3(1), 74-82.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Hiner, M. (2006). Paper engineering for pop-up book and cards. London: Annes Publishing Limited.

Iizuka, S., Endo, Y., Mitani, J., Kanamori, Y., & Fukui, Y. (2011). An interactive design system for pop-up cards with physical simulation. International Journal of Computer Graphics. 27(6-8), 605-612.

Iswanti. (2014). Peningkatan pemahaman konsep bilangan melalui permainan memasangkan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 392-394.

doi: http://pps.unj.ac.id/journal/jpud/article/view/88.

Nancy, B., & Taylor, R. L. H. (2012). Pop-Up books: a guide for teachers and librarian. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=vlJeUBr8aU8C.

Nauli, V., Chairilsyah, D., & Risma, D. (2018). Pengaruh penggunaan pop-up book terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Melati Kandis, kabupaten Siak. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 6-12.

doi: https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/15014.

Oktavianingsih, E., & Fahuzan, K. (2018). A comparative study: concept number skills of children aged 4-5 years after playing two different games. Journal of Physics. doi: 10.1088/1742-6596/1108/1/012031.

Patmonodewo, S. (2003). Pendidikan anak prasekolah. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rahmawati, D. I., & Rukiyati. (2018). Developing pop-up book learning media to improve cognitive ability of children aged 4-5 years. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 249, 52-68

doi: https://doi.org/10.2991/secret-18.2018.10.

Ramaini. (2012). Peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui permainan tabung pintar di TK Negeri Pembina Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(1), 4.

doi: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/1655.

Safitri, N. N., & Suparkun. (2014). Pengembangan media pop up book untuk keterampilan menulis narasi siswa tunarungu Kelas IV. Jurnal Pendidikan Khusus, 4(1), 2-3.

doi:https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/6167/7034.

Susanto, A. (2011). Perkembangan anak usia dini pengantar dalam berbagai aspeknya. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Syaodih, N, S. (2005). Landasan psikologi proses pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tampubolon, S. (2014). Penelitian tindak kelas sebagai pengembangan profesi pendidikan dan keilmuan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.