HUBUNGAN ANTARA RELASI GURU-ANAK DENGAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN

Pudagiwa Nur Fitri Hapsari, Anayanti Rahmawati, Jumiatmoko Jumiatmoko

Abstract

ABSTRAK Relasi guru-anak merupakan interaksi antara guru dengan anak yang terjadi dalam lingkungan sekolah. Jalinan interaksi guru dengan anak penting karena dapat mempengaruhi capaian kemampuan anak dalam berbagai aspek perkembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara relasi guru-anak dengan kemampuan keaksaraan. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif korelasional. Sampel penelitian terdiri dari 121 anak TK Kelompok B Se-Gugus 8 Jasmine Laweyan Surakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang diisi oleh guru kelas. Analisis data menggunakan uji korelasi. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan uji korelasi Spearman rho yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat hubungan antara relasi guru-anak dengan kemampuan keaksaraan anak. Koefisien korelasi yang didapatkan sebesar 0,350 yang menunjukan arah hubungan positif. Kondisi ini berarti relasi guru-anak yang baik berhubungan dengan peningkatan kemampuan keaksaraan anak, artinya apabila terdapat relasi dengan dimensi kedekatan antara guru-anak memiliki intensitas yang tinggi dan dimensi konflik antara guru-anak memiliki intensitas yang rendah maka kemampuan keaksaraan anak akan dapat berkembang dengan baik.

 

Kata kunci : relasi guru-anak, keaksaraan, anak usia 5-6 tahun

ABSTRACT Teacher-child relationships were interaction between teacher and children in the school. Interaction of teacher and children was very important because teacher could affect achievement of developmental aspects. The purpose of this study was to find out whether was a correlation between teacher-child relationships with early literacy children. This research was correlation quantitative.  This research sample included 121 children of kindergarten Group B at 8 Jasmine Cluster Laweyan Surakarta. Data collection techniques in this study used questionnaires answered by class teacher. Data analysis used by correlation. Hypothesis test of this research used Spearman rho correlation analysis showed that the significamce value was 0,000 < 0,05 which meant the hypothesis was accepted, namely the correlation between the teacher-child relationships with early literacy children. Correlation coefficient of 0,350, the direction of the correlation showed a positive sign.This condition meant that a good teacher-child relationships related to the improvement of childrens early literacy, This means that if there was a relationship with the dimension of closeness between teacher-child had a high intensity and the dimension of conflict between teacher-child had a low intensity, the child's literacy ability would develop.

Keywords: teacher-child relationships, early Literacy, 5-6 Years Old Children

Keywords

relasi guru-anak, keaksaraan, anak usia 5-6 tahun

Full Text:

PDF

References

Asmawati, L. (2014). Perencanaan pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Astuti, T.P. (2014). Perbedaan Literasi Emergen Anak Taman Kanak-Kanak Didaerah Perkotaan dan Pinggiran. Jurnal Psikologi Undip. Vol. 13, Iss. 2; pg. 109, pgs diakses pada bulan Desember 2019.

Direktorat Pembinaan Pedidikan Anak Usia Dini (PAUD). (2015). Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun. Jakarta Pusat: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hemre, B. K., & Pianta , R. C. (2001). Early teacher-child with behavior problems. teacher-child relations and self-perception. A prospective study. Merril-palmer Quarterly, 50(2), 111-138.

Laimeheriwa, E. Y. (2017). Hubungan Relasi Guru Siswa Dan Dukungan Sosial Teman Dengan Keterlibatan Belajar Siswa Di Sekolah. Prosiding TEP & PDs : Fakultas Psikologi Universitas Surabaya, halaman: 541-552.

Maliki, A. E. (2013). Interpersonal relationship behaviours, perceived social and civic obligations, background variables and academic achievement among senior secondary school students in bayelsa state of nigeria. Internasional Journal Educations, Sci. Vol. 5. No. 1. Hlm. 75-80.pdf

Moisidou, T. (2018). European journal of education studies teacher – child relationship and children ’ s literacy in kindergarten anda primary school : a literature review. European journal of education studies, 46-85. doi.org/10.5281/zenodo.1250137.

Ormrod, J. E. (2009). Psikologi pendidikan membantu siswa tumbuh dan berkembang jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Otto, B. 2015. Perkembangan bahasa pada anak usia dini. Prenada Media. Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.

Pianta, R. C. (1999). Enhancing relationships between children And teachers. Child Development (Vol. 33). American Psychological Association. http://doi.org/10.1037/10314-000

Pianta, R. C. (2001). Student–Teacher Relationship Scale (STRS). Professional Manual

Roorda, D. L., Koomen, H. M. Y., Spilt, J. L., & Oort, F. J. (2011). The influence of Affective teacher–student relationships on students’ school engagement and achievement: a meta-analytic approach. Review of Educational Research, 81(4), 493–529. doi.org/10.3102/0034654311421793.

Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak usia dini konsep dan teori. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Seefeldt, C dan Wasik, B A. (2008). Pendidikan anak usia dini menyiapkan anak usia tiga, empat, dan lima tahun masuk sekolah. Jakarta: PT Indeks.

Subekti, R. (2014). Uji friedman sebagai pendekatan analisis non parametrik untuk menguji homogenitas rata-rata. Workshop Analisa Data Statistika Lanjut dengan Pendekatan Nonparametrik. Hlm. 1-12 pdf.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Silinskas, G., Pakarinen, E., Niemi, P., Lerkkanen, M. K., Poikkeus, A. M., & Nurmi, J. (2016). The effectiveness of increased support in reading and its relationship to teachers’ affect and children’s motivation. Learning and Individual Differences, 4), 53–64. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2015.11.025

White, K. M. (2013). Associations between teacher-Child relationships and children’s writing in kindergarten and first grade. Early Childhood Research Quarterly, 28(1), 166–176. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2012.05.004.

Wildová, R., & Kropáčková, J. (2015). Early childhood pre-reading literacy development. Procedia - social and behavioral sciences, 191, 878–883. Https://Doi.Org/10.1016/J.Sbspro.2015.04.418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.