EFEKTIVITAS BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN

Soifanah Soifanah, Siti Wahyuningsih, Muhammad Munif Syamsuddin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas brain based learning terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah 1 dan TK Aisyiyah Nusukan 3 Surakarta tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Sampel penelitian ini sejumlah 37 anak usia 5-6 tahun. Validitas instrumen menggunakan validitas isi. Teknik pengumpulan data melalui tes. Uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan kolmogrovsmirnov dan lavene test of equality of variance. Analisis data penelitian menggunakan statistik parametrik setelah data dinyatakan normal dan homogen dengan taraf signifikansi p ≤ 0,05. Uji hipotesis menggunakan t-test dengan SPSS 15 for windows. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikansi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (signifikansi p ≤ 0,05). Nilai signifikansi sebesar 0,008 yang menunjukkan bahwa brain based learning efektif meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun.

 

Keywords

brain based learning, kemampuan membaca permulaan, anak usia 5-6 tahun

Full Text:

PDF

References

Beaty, J. J. (2013). Observasi perkembangan anak usia dini edisi ketujuh. Terj.a.k. anwar. Jakarta: Kencana.

Chamidiyah. (2015). Pembelajaran melalui brain based learning dalam pendidikan anak usia dini.Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,10 (2), 279–300.

Dalman. (2013). Keterampilan membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Goodchild, R. (2006). The joy of reading. Jakarta: PT Gramedia.

Hamdayama, J. (2014). Model dan metode pembelajaran kreatif dan berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Jensen. (2011). Pemelajaran berbasis-otak. Jakarta:PT Indeks.

Joseph, H., & Nation, K. (2018). Journal of experimental child examining incidental word learning during reading in children : the role of context.Journal of Experimental Child Psychology, 166, 190–211. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2017.08.010

Kostelnik, M. J., Soderman.A.K., & W. A. P. (2017). Kurikulum pendidikn anak usia dini berbasis perkembangan anak.Depok: Kencana.

Madyawati, L. (2016). Strategi pengembangan bahasa pada anak. Jakarta: Kencana.

Mulyasa. (2017). Strategi pembelajaran paud. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasional, D. P. (2014). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia no. 137 tahun 2014 tentang pendidikan standar nasional anak usia dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Neuman, M. M. (2016). Young children’s use of touch screen tablets for writing and reading at home: relationships with emergent literacy. Computers & Education, 61–68.

Otto, B. (2015). Perkembangan bahasa pada anak usia dini (ketiga). Jakarta: Prenadamedia Grup.

Priyastama, R. (2017). Buku sakti kuasai spss pengolahan data & analisis data. Bantul: PT Anak Hebat Indonesia.

Susanto, A. (2014). Perkembangan anak usia dini. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sutikno, M. S. (2014). Metode & model-model pembelajaran. Lombok: Holistica.

Tüfekçi, S., & Demirel, M. (2009). The effect of brain based learning on achievement , retention , attitude and learning process. 1, 1782–1791. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2009.01.316

Walgermo, B. R., Frijters, J. C., & Judith, O. (2018). Early childhood research quarterly literacy interest and reader self-concept when formal reading instruction begins.Early Childhood Research Quarterly, 44, 90–100. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2018.03.002

Wasik, B. A. (2008). Pendidikan anak uisa dini (kedua). Jakarta: PT Indeks.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.