KEGIATAN COOKING CLASS SEBAGAI UPAYA PEMBIASAAN MENGONSUMSI MAKANAN SEHAT PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Novita Maharani, Siti Istiyati, Warananingtyas Palupi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menerapkan kegiatan  cooking  class sebagai upaya pembiasaan mengonsumsi makanan sehat pada kelompok A TK Gaya Baru III Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun dengan jumlah 16 anak pada kelompok A TK Gaya Baru III Surakarta tahun ajaran 2018/ 2019. Sumber data dalam penelitian ini adalah anak dan guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian siklus I diperoleh sejumlah 7 anak sudah terbiasa mengonsumsi makanan sehat.Siklus II tingkat terbiasa mengonsumsi makanan sehat anak mencapai sebanyak 11 anak. Pada siklus III tingkat terbiasa mengonsumsi makanan sehat anak mencapai sebanyak 16  anak. Peningkatan tersebut ditandai dengan anak sudah terbiasa mengonsumsi daging dan sumber protein lainnya, mengonsumsi sayuran dan mengonsumsi buah-buahan. Berdasarkan uraian diatas, hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan kegiatan cooking class dapat digunakan sebagai upaya untuk pembiasaan mengonsumsi makanan sehat pada anak.usia 4-5 tahun.

Kata kunci: Cooking class, pembiasaan mengonsumsi makanan sehat, anak usia dini

References

Anis, I. M., dkk. (2013). Pendidikan nasionalisme melalui pembiasaan di SD Negeri Kuningan 02 Semarang Utara. Jurnal: UNNES.

Apatu, E. (2016). Cooking classes: are they effective nutrition interventions in low-income settings?.Journal of Nutrition Education and Behavior, Vol 48 No 7S.

Patricksia, D. D., dkk (2018). School based intervention sebagai upaya perbaikan konsumsi buah dan sayur siswa sekolah dasar. Jurnal MLKMI, Vol 15 No. 3.

Dixon, E. (2012). Cooking and menu planning confidence of children participating in a cooking camp. Thesis. Chemson University.

Fikawati, R. & Syafiq. (2007). Gizi dan kesehatan masyarakat. Fakultas kesehatan masyarakat universitas indonesia, Jakarta: 253-263.

Hardiansyah & Supariasa D. N. (2014). Ilmu gizi teori & aplikasi. Jakata: EGD.

Jarpe-Ratner, E. Dkk. (2016). An experiential cooking and nutrition education program increases cooking self-efficacy and vegetable consumtion in children in grades 3-8. Journal of Nutrition Education and Behavior.

Muhibbin. S. (2008). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rendulic, S. H. (2010). Let’s cook! Class curriculum. Washington State Department of Health. E-Book.

Santoso, S. & Ranti A. L. (2009). Kesehatan dan gizi. Jakarta: Rineka Cipta.

Siswanto, H. (2010). Pendidikan kesehatan anak usia dini. Yogyakarta: Pustaka Rihan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.