UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ANGKASA LANUD ADI SOEMARMO

Sani Antika Rahmasari, Peduk Rintayati, Siti Wahyuningsih

Abstract

Kemampuan mengenal konsep bilangan merupakan bagian dari pembelajaran matematika. Dalam pendidikan anak usia dini, matematika menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran anak. Matematika merupakan komponen dari ranah kognitif pada pendidikan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui model pembelajaran Picture and Picture pada anak kelompok A TK Angkasa Lanud Adi Soemarmo Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai ketuntasan kemampuan mengenal konsep bilangan anak meningkat dari pratindakan sebesar 43,48%, siklus I sebesar 60,87% dan siklus II sebesar 82,61%. Berdasarkan uraian di atas, hasil penelitian yang dilakukan selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa dengan melalui model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A TK Angkasa Lanud Adi Soemarmo Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2017/2018.

 

Kata kunci: kemampuan mengenal konsep bilangan, picture and picture, anak kelompok A

References

Alpaslan, Z.G., & Erden, F.T. (2016). The Status Of Early Childhood Mathematics Education Research In The Last Decade. HAL Archives-Ouvertes.

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis Dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Iswahyudi, D., Sarengat., & Muncarno. (2015). Penerapan Picture and Picture Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika SD.

Kusumawati, K. D., Jampel, I. N., & Parmiti, D. P. (2014). Penerapan Picture and Picture Dengan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak. E- Journal PGPAUD Universitas Pendidikan Ganesha. 2.

Muliawan, J. U. (2016). 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Permendikbud.

Peraturan Menteri Pendidikan Nomor

Tahun 2009. Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.

Priyatin. & Komalasari, D. (2013). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Stik Bergambar Pada Anak Usia 3-4 Tahun Di PPT Melati Dukuh Pakis Surabaya.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Soetjiningsing, C.H. (2012) Perkembangan Anak Sejak saat Pertumbuhan Sapai Dengan Kanak-Kanak Akhir. Jakarta: Prenada Media Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.