UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGURUTKAN POLA BENTUK 3 DIMENSI GEOMETRI DENGAN MEDIA PAPAN FLANEL

Restu Syamsi Nur Hikmah, Peduk Rintayati, Lies Lestari

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan kemampuan mengurutkan pola bentuk 3 dimensi geometri menggunakan media papan flanel pada anak kelompok A1 TK Cemara Dua Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A1 TK Cemara Dua Surakarta tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 11 anak ( 6 laki-laki dan 5 perempuan). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes unjuk kerja dan dokumentasi. Validitas data kuantitatif menggunakan validitas konstruk. Validitas data kualitatif menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif komparatif dan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan mengurutkan pola bentuk 3 dimensi geometri dengan menggunakan media papan flanel dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Ketuntasan pada pratindakan sebesar 18,18%, siklus I 45,45%, dan siklus II 81,82%. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan mengurutkan pola bentuk 3 dimensi geometri anak dalam mengurutkan 3 pola secara berurutan berdasarkan pada bentuk dan warnanya, dan anak mampu memperkirakan urutan selanjutnya dengan melengkapi urutan pola yang hilang berdasarkan bentuk dan warnanya.

Kata kunci: kemampuan mengurutkan pola, media papan flanel

References

Asmawati, L. (2014). Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakary Beaty, J. J. (2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. (A. Rakhman, Penerj.) Jakarta: Kencana. Bock, A., Cartwright, Gonzalez, C., Obrien, S., Robinson, M., & Schmerold, K. (2015). The Role Of Cognitive Flexibility in Pattern Understanding Journal of Education and Human Development. Journal of Education and Human Development, 4(1), 19-25.

Dalyono. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Departemen Pendidikan Nasional. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hudaya, L., & Widayati, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Literasi Melalui Pembelajaran Menggunakan Media Papan Flanel di Kelompok B. Paud Teratai, 4(2).

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Negoro, S. &. (2014). Ensiklopedia Matematika. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Sanaky, H. (2011). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Kaukaba.

Seefeldt, C. & Wasik. (2008). Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima tahun Masuk Sekolah. (P. Nasar, Penerj.) Jakarta: PT Indeks.

Smith, A. & Price. (2012). Mathematics in Early Years Education (Third Edition ed.). New York: Routledge.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Warren, E., Cooper, T. (2006). Using Repeating Pattern To Explore Functional

Thinking. Australian Primary Mathematics Classrom, 11, 9-14.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.