EFEKTIVITAS BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Putri Setyaningtyas, Siti Wahyuningsih, Muhammad Munif Syamsuddin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas brain based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif true  eksperimen dengan desain between subject design. Sampel penelitian ini sejumlah 42 anak usia 5-6 tahun di TK Islam An-Nahl Cemani, Sukoharjo. Teknik pengumpulan data melalui tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika anak. Analisis data menggunakan independent sample t-test dengan SPSS 17 for windows. Hasil analisis data menunjukkan, terdapat efektivitas brain based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika anak usia 5-6 tahun. Hal ini dibuktikan bahwa hampir seluruh anak pada kelompok eksperimen sudah mampu menghitung 1-20 benda, menjumlah dan mengurangkan benda, mengelompokkan serta menghitung jumlahnya.

Kata kunci : brain based learning, kemampuan pemecahan masalah matematika, anak usia dini.

References

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014. (2015). Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Permendikbud.

Departemen Pendidikan Nasional. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. (2009). Kementrian Pendidikan Nasional. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Nonformal dan Informal.

Delfita, R. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Permainan Gambar dalam Bak Pasir di Taman Kanak-Kanak Bina Anaprasa Mekar Sari Padang. Jurnal Pesona PAUD.

Diamond, K; Gerde, H; Powell, D (2008). Development in Early Literacy Skills During The Pre-kindergarten Year in Head Start: Relations Between Growth in Children’s Writing and Understanding of Letters. Early Childhood Research Quarterly , 467-474

Dunst, C. et all. (2006). Framework for Developing Evidence-Based Early Literacy Learning Practices. CELLpapers.

Fridin, M. (2014). Storytelling By a Kindergarten Social Assistive Robot: A Tool for Constructive Learning in Preschool Education. Computers & Education , 53-64.

Jones, C. Clark, S. Reutzel, D (2013). Enhancing Alphabet Knowledge Instruction: Research Implications and Practical Strategies for Early Childhood Educators. Early Childhood Educ J , 81-89.

Neolaka, A. (2014). Metode Penelitian dan Statiska. Bandung: Rosda.

Suarti, N. K. A (2014). Bermain Konstruktif Sambil Belajar Konsep Bilangan pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Paedagogy.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suyono & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rosda.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.