PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENERAPAN PERMAINAN SAINS

Novia Paramita, Peduk Rintayati, Siti Wahyuningsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun melalui penerapan permainan sains. Penelitian ini adalah Peneltian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdapat tiga pertemuan dan dilaksanakan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun TK YPAB Permata Hati Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019 dengan jumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan data observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Uji validitas data melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif yakni analisis data interaktif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak pada setiap siklus. Persentase ketuntasan pratindakan 33,33 % dengan 5 anak yang tuntas. Pada siklus I meningkat dengan presentase 60% atau 9 anak yang tuntas, dan tahap siklus II dengan presentase 80% atau 12 anak yang tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan permainan sains dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun pada siswa kelompok B TK YPAB Permata Hati Surakarta TahunAjaran 2018/2019.

Kata kunci: Kemampuan kognitif, pembelajaran sains anak usia dini, permainan sains.

References

Arikunto, dkk. (2015). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bati, K., Etruk, G., & Kaptan, F. (2010). The awareness levels of pre-school education teachers regarding science process skill. Procedia Social and Behavioral Sciences, 59, 1193-1999.

Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 146. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publising.

Kinzie, B., Whittaker, V., dkk. (2014). My teaching partner-math/science pre-kindergarten curricula and teacher supports: Associations with children’s mathematics and science learning. Early Childhood Research Quarterly, 29, 586-599.

Nugraha, Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Bandung.

Putra, S. R. (2013). Desain belajar mengajar kreatif berbasis sains. Yogyakarta: Diva Press.

Samatowa, Usman . (2018). Metodologi Pembelajaran Sains Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Tangerang: Tsmart Printing.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Pedagogia.

Suyanto, Slamet. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.

Yulianti, Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Indeks Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.