POLA ASUH OTORITER DENGAN PERILAKU AGRESIF ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Keluarga merupakan tempat awal berlangsungnya proses pendidikan. Orangtua memegang peran pertama dan utama bagi tumbuh kembang anak yang merupakan tugas penting dan tidak lepas dari berbagai tantangan. Gaya pengasuhan orangtua menjadi salah satu faktor perilaku dan tindakan anak semenjak dini hingga dewasa kelak. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh otoriter dengan perilaku agresif anak usia 5-6
tahun. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 37 orang tua dan anak usia 5-6 tahun di Mojolegi, Teras, Boyolali. Data dalam penelitian ini diperoleh dari kuisioner. Teknik analisis item kuesioner menggunakan rumus corrected item-total correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh otoriter dengan perilaku agresif anak dengan nilai r = 0,996 dengan p
= 0,000 dengan bantuan SPSS 16 for windows. Nilai tersebut menunjukkan hasil yang positif yang berarti semakin tinggi pola asuh otoriter maka semakin tinggi pula per ilaku agresif anak.
Kata Kunci: Pola Asuh Otoriter, Perilaku Agresif, Anak Usia 5-6 Tahun
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahadi, et al. (2014). The RelationshipBetween Parenting Styles And
Adolescent’s Identity And Aggression. Indian Journal of Fundamental and Applied Life Sciences, 4, (S3), 1171-1178, https://pdfs.semanticscholar.org. Diperoleh pada 13 Desember 2017
Anantasari. (2006). Menyikapi Perilaku Agresif Anak. Yogyakarta: Kanisius.
Arriani, F. (2014). Perilaku Agresif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia
Dini, 8 (2), 270-280, dari pps.unj.ac.id/journal/jpud/article/view/77. diperoleh pada 13 Desember 2017
Bibi, F., et al. (2013). Contribution of Parenting Style in life domain of
Children. Journal Of Humanities And Social Science, 12 (2), 91-95,
https://pdfs.semanticscholar.org/0565/0fe6ba5dbd19a1756a1156af3d3
aad11.pdf. Diperoleh pada 13 Desember 2017.
Buss, H. A & Perry, M. (1992). The Aggression Questionnaire. Journal
of Personality and Social Psychology, 63 (2), 452-459, dari
www.redalyc.org/pdf/2990/299023516004.pdf. Diperoleh pada 15 Mei
Casmini. (2007). Emotional Parenting. Yogyakarta: P_idea.
Habibi, MA.M. (2018). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini (Buku
Ajar S1 PAUD). Yogyakarta: Deepublish.
Keshvarpanah, A., dkk. (2014). TheRelationship Between Parenting
Styles with Anger and Adjusment Adolescent Boys of Rasht City.
Kuwait Chapter of Arabian Journal of Business and Management Review. 3, 7, 306-317. Diperoleh dari https://www.arabianjbmr.com/pdfs/
KD_VOL_3_7/28.pdf.
Diperoleh pada 13 Desember 2017.
Lestari, S. (2012). Psikologi Keluarga.
Jakarta: Kencana Prenada Media
Group.
Murdoko, W. E. (2017). Parenting with
Leadership (Peran Orangtua
dalam Mengoptimalkan dan
Memberdayakan Potensi Anak).
Jakarta: PT Gramedia.
Pathirana, B. (2016). Aggressive
Behaviors of Sri Lankan Preschool
Children: A Mixed Method Study.
The International Journal of Indian
Psychology, 3 (57), 66-81, dari
oaji.net/articles/2016/11701468963
pdf. Diperoleh pada 7
November 2018.
Robinson, et al. Authoritative,
Authotarian, And Permisive
Parenting Practices: Development
Of A New Massure. Psycological
Reports, 77, 819-830, dari
https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED
pdf. Diperoleh pada 15 Mei
Review. 3, 7, 306-317. Diperoleh
dari
https://www.arabianjbmr.com/pdfs/
KD_VOL_3_7/28.pdf.
Diperoleh pada 13 Desember 2017.
Lestari, S. (2012). Psikologi Keluarga.
Jakarta: Kencana Prenada Media
Group.
Murdoko, W. E. (2017). Parenting with
Leadership (Peran Orangtua
dalam Mengoptimalkan dan
Memberdayakan Potensi Anak).
Jakarta: PT Gramedia.
Pathirana, B. (2016). Aggressive
Behaviors of Sri Lankan Preschool
Children: A Mixed Method Study.
The International Journal of Indian
Psychology, 3 (57), 66-81, dari
oaji.net/articles/2016/11701468963
pdf. Diperoleh pada 7
November 2018.
Robinson, et al. Authoritative,
Authotarian, And Permisive
Parenting Practices: Development
Of A New Massure. Psycological
Reports, 77, 819-830, dari
https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED
pdf. Diperoleh pada 15 Mei
Tridhonanto, Al. (2014). Mengembangkan
Pola Asuh Demokratis. Jakarta:
Elex Media Komputindo.
Undang-Undang Republik Indonesia
(2003). Nomor 20 Tahun 2013
Tentang Sistem Pendidikan
Nasional. Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.