POLA ASUH OTORITER DENGAN PERILAKU AGRESIF ANAK USIA 5-6 TAHUN

Defanny Fauziyah Pratiwi, Ruli Hafidah, Adriani Rahma Pudyaningtyas

Abstract

Keluarga merupakan tempat  awal  berlangsungnya  proses  pendidikan.  Orangtua memegang  peran pertama  dan utama bagi tumbuh kembang anak yang merupakan tugas penting dan tidak lepas dari berbagai tantangan. Gaya pengasuhan orangtua menjadi salah satu faktor perilaku dan tindakan anak semenjak dini hingga dewasa kelak. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh otoriter dengan perilaku agresif anak usia 5-6
tahun.  Pengambilan sampel menggunakan teknik  purposive sampling  berjumlah 37 orang tua dan anak usia 5-6 tahun  di  Mojolegi,  Teras,  Boyolali.  Data  dalam  penelitian  ini  diperoleh  dari  kuisioner.  Teknik  analisis  item kuesioner menggunakan rumus  corrected item-total correlation.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh otoriter dengan perilaku agresif anak dengan nilai r = 0,996 dengan p
= 0,000 dengan bantuan SPSS 16 for windows. Nilai tersebut menunjukkan hasil yang positif yang berarti semakin tinggi pola asuh otoriter maka semakin tinggi pula per ilaku agresif anak.


Kata Kunci: Pola Asuh Otoriter, Perilaku Agresif, Anak Usia 5-6 Tahun

References

Ahadi, et al. (2014). The RelationshipBetween Parenting Styles And

Adolescent’s Identity And Aggression. Indian Journal of Fundamental and Applied Life Sciences, 4, (S3), 1171-1178, https://pdfs.semanticscholar.org. Diperoleh pada 13 Desember 2017

Anantasari. (2006). Menyikapi Perilaku Agresif Anak. Yogyakarta: Kanisius.

Arriani, F. (2014). Perilaku Agresif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia

Dini, 8 (2), 270-280, dari pps.unj.ac.id/journal/jpud/article/view/77. diperoleh pada 13 Desember 2017

Bibi, F., et al. (2013). Contribution of Parenting Style in life domain of

Children. Journal Of Humanities And Social Science, 12 (2), 91-95,

https://pdfs.semanticscholar.org/0565/0fe6ba5dbd19a1756a1156af3d3

aad11.pdf. Diperoleh pada 13 Desember 2017.

Buss, H. A & Perry, M. (1992). The Aggression Questionnaire. Journal

of Personality and Social Psychology, 63 (2), 452-459, dari

www.redalyc.org/pdf/2990/299023516004.pdf. Diperoleh pada 15 Mei

Casmini. (2007). Emotional Parenting. Yogyakarta: P_idea.

Habibi, MA.M. (2018). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini (Buku

Ajar S1 PAUD). Yogyakarta: Deepublish.

Keshvarpanah, A., dkk. (2014). TheRelationship Between Parenting

Styles with Anger and Adjusment Adolescent Boys of Rasht City.

Kuwait Chapter of Arabian Journal of Business and Management Review. 3, 7, 306-317. Diperoleh dari https://www.arabianjbmr.com/pdfs/

KD_VOL_3_7/28.pdf.

Diperoleh pada 13 Desember 2017.

Lestari, S. (2012). Psikologi Keluarga.

Jakarta: Kencana Prenada Media

Group.

Murdoko, W. E. (2017). Parenting with

Leadership (Peran Orangtua

dalam Mengoptimalkan dan

Memberdayakan Potensi Anak).

Jakarta: PT Gramedia.

Pathirana, B. (2016). Aggressive

Behaviors of Sri Lankan Preschool

Children: A Mixed Method Study.

The International Journal of Indian

Psychology, 3 (57), 66-81, dari

oaji.net/articles/2016/11701468963

pdf. Diperoleh pada 7

November 2018.

Robinson, et al. Authoritative,

Authotarian, And Permisive

Parenting Practices: Development

Of A New Massure. Psycological

Reports, 77, 819-830, dari

https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED

pdf. Diperoleh pada 15 Mei

Review. 3, 7, 306-317. Diperoleh

dari

https://www.arabianjbmr.com/pdfs/

KD_VOL_3_7/28.pdf.

Diperoleh pada 13 Desember 2017.

Lestari, S. (2012). Psikologi Keluarga.

Jakarta: Kencana Prenada Media

Group.

Murdoko, W. E. (2017). Parenting with

Leadership (Peran Orangtua

dalam Mengoptimalkan dan

Memberdayakan Potensi Anak).

Jakarta: PT Gramedia.

Pathirana, B. (2016). Aggressive

Behaviors of Sri Lankan Preschool

Children: A Mixed Method Study.

The International Journal of Indian

Psychology, 3 (57), 66-81, dari

oaji.net/articles/2016/11701468963

pdf. Diperoleh pada 7

November 2018.

Robinson, et al. Authoritative,

Authotarian, And Permisive

Parenting Practices: Development

Of A New Massure. Psycological

Reports, 77, 819-830, dari

https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED

pdf. Diperoleh pada 15 Mei

Tridhonanto, Al. (2014). Mengembangkan

Pola Asuh Demokratis. Jakarta:

Elex Media Komputindo.

Undang-Undang Republik Indonesia

(2003). Nomor 20 Tahun 2013

Tentang Sistem Pendidikan

Nasional. Kementerian Pendidikan

dan Kebudayaan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.