Studi Komparasi Perkembangan Sosial Anak Program Regular dan Program Full Day School pada Kelompok B Paud At Nur Chammad Pandeyan Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016

Pramesti Anggarani Safitri, Kartono Kartono, Chumdari Chumdari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perkembangan sosial anak yang mengikuiti program Regular dan perkembangan sosial anak yang mengikuiti program Full Day School pada kelompok B PAUD AT Nur Chammad Pandeyan Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2015/16. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode komparatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan angket, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah anak-anak kelompok B di PAUD AT Nur Chammad Pandeyan Boyolali yang berjumlah 15 anak program full day dan 5 anak program regular. Sampel penelitian ini adalah semua anak-anak kelompok B di PAUD AT Nur Chammad Pandeyan Boyolali yang berjumlah 20 anak (full day dan regular). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis adalah uji-t yang sebelumnya diuji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan t-test diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel (5,771 > 2,101) sehingga Ho ditolak, sehingga dapaat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata perkembangan sosial anak di antara kedua kelompok. Nilai rata-rata perkembangan sosial pada program Regular 82 lebih besar dari rata-rata perkembangan sosial pada program Regular perkembangan sosial pada program Full Day School yaitu 65,67. Simpulan yang dapat diambil adalah anak-anak yang mengikuti program Regular perkembangan sosialnya lebih baik dibanding dengan anak-anak yang mengikuti program Full Day School.


Kata kunci : program fullday dan regular, perkembangan sosial

References

Baharuddin. (2009). Pendidikan danSpikologi Perkembangan. Malang: Ar Russ Media.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Kartono, K. (1990). Psikologi Anak. Bandung: Mandar Maju.

Sukmadinata, N.S. (2008). Medode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.