Pandangan Masyarakat Tani Mengenai Sex Education untuk Anak Usia Dini di Desa Samiran Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali

Meiga Kurniasari, Siti Istiyati, Kartono Kartono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kepedulian masyarakat tani di Desa Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali mengenai Pendidikan Seksual untuk Anak Usia Dini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatis dengan metode penelitian studi kasus. Sampel dalam penelitian ini melibatkan 27 orang partisipan, yakni 9 orang petani yang memiliki anak berusia dini sebagai responden, 9 orang petani yang pernah atau belum pernah memiliki anak sebagai Informan 1, dan 9 anak usia dini sebagai Informan 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini secara deskriptif yang didasarkan pada analisis interaktif data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 63,8% dari petani yang memiliki anak usia dini telah menerapkan pendidikan usia dini kepada anaknya meski tanpa mengenal istilah pendidikan seksual untuk anak usia dini, dan 65,15% masyarakat yang tidak memiliki anak juga telah sadar akan pentingnya pendidikan seksual untuk anak usia dini. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pandangan tabu masyarakat tani disebabkan oleh beberapa faktor, yakni faktor pribadi, keluarga, mata pencaharian, usia, dan faktor social yang menimbulkan kesalahan persepsi sehingga pendidikan seksual untuk anak usia dini dianggap sama halnya dengan mengajarkan kegiatan seksual layaknya orang dewasa. Meski demikian, masyarakat tani telah mengajarkan pendidikan seksual untuk anak usia dini dengan cara yang sederhana dan dimengerti oleh kalangan mereka.


Kata kunci : pendidikan seksual untuk anak usia dini, anak usia dini.

References

El-Qudsy, H. (2012). Ketika Anak Bertanya tentang Sex: Panduan Islami bagi Orang Tua Mendampingi Anak Tumbuh Menjadi Dewasa. Solo: Tinta Medina. PT Tiga Serangkai.

Mary. L. P, PhD., Sarah. D, PhD., Brenda. A. T, LCSW., Paige. H, LMHC., Michael. J. S, DSW., and Katherine. F, DrPH. (2015). American Journal of Public Health: Knowledge Gains Following a Child Sexual. Jurnal Tidak Diterbitkan.Washington DC: American Public Health Assosiation.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT ALFABETA

Sutopo. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Tohirin. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ulfatin, Nurul. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Bayumedia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.