PENGARUH CONSTRICTIVE PLAY TERHADAP PENGENALAN LITERASI ANAK USIA 5-6 TAHUN

Freida Amia Solikhati, Idam Ragil Widianto Atmojo, Matsuri Matsuri

Abstract

Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui pengaruh Constructive Play terhadap pengenalan literasi anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah 38 anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Sukoharjo. Data dikumpulkan dengan mengguanakan tes untuk mengukur kemampuan literasi anak. Analisis data menggunakan independent sample t-test dengan SPSS 15 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Constructive Play terhadap Pengenalan lierasi anak usia 5-6 tahun.


Kata kunci: constructive play, literasi, pengetahuan huruf, pendidikan anak usia dini.

References

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (2014). Peraturan MenteriPendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014. (2015). Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Permendikbud.

Departemen Pendidikan Nasional. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. (2009). Kementrian Pendidikan Nasional. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Nonformal dan Informal.

Delfita, R. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Permainan Gambar dalam Bak Pasir di Taman Kanak-Kanak Bina Anaprasa Mekar Sari Padang. Jurnal Pesona PAUD.

Devi, S. (2015). Budaya Literasi Indonesia Peringkat Ke 2 Terburuk. Diakses pada 3 Februari 2016 dari http://blog.danadidik.com/budaya-literasi-indonesia- peringkat-ke-2-terburuk/.

Diamond, K; Gerde, H; Powell, D (2008). Development in Early Literacy Skills During The Pre-kindergarten Year in Head Start: Relations Between Growth inChildren’s Writing and Understanding of Letters. Early Childhood Research Quarterly , 467-478.

Dunst, C. et all. (2006). Framework for Developing Evidence-Based Early Literacy Learning Practices. CELLpapers.

Fridin, M. (2014). Storytelling By a Kindergarten Social Assistive Robot: A Tool for Constructive Learning in Preschool Education. Computers & Education , 53-64.

Jones, C. Clark, S. Reutzel, D (2013). Enhancing Alphabet Knowledge Instruction: Research Implications and Practical Strategies for Early Childhood Educators. Early Childhood Educ J , 81-89.

Neolaka, A. (2014). Metode Penelitian dan Statiska. Bandung: Rosda.

Suarti, N. K. A (2014). Bermain Konstruktif Sambil Belajar Konsep Bilangan pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Paedagogy.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suyono & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rosda.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.