PENGARUH METODE MEMBACA GLENN DOMAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari metode membaca Glenn Doman terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design berbentuk Nonequivalent Control Group. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari hingga Maret 2019 di TK Tohkuning 01 sebagai kelompok eksperimen dan TK Doplang 02 Karangpandan sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sampel dilakukan melalui sampling jenuh dengan jumlah sebanyak 22 anak yaitu 11 anak sebagai kelompok eksperimen dan 11 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan validitas konstruk (construct validity) dan pengujian daya beda item menggunakan product momen correlation dengan bantuan SPPS 21 for windows. Analisis data terdiri dari uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil uji prasyarat menunjukkan bahwa data normal dan homogen. Hasil uji hipotesis eksperimen menggunakan Uji Independent Sample t-test dengan menghasilkan nilai rata-rata posttest kelompok kontrol sebesar 12,64 dan kelompok eksperimen sebesar 14,64 dengan nilai signifikansi sebesar 0,001. Sedangkan perbedaan nilai pretest dan posttest pada kelompok eksperimen yaitu 11,64 dan 14,64. Kesimpulannya, karena nilai signifikansi antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yaitu 0,001 < 0,05 maka hipotesis diterima yang artinya terdapat pengaruh metode membaca Glenn Doman terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Bentuk pengaruh tersebut yaitu anak terdorong untuk lebih banyak belajar dan mengingat kata sehingga memudahkan anak dalam membaca kata yang mempunyai suku awal dan suku akhir yang sama, membaca kata dan menggabungkannya dengan gambar atau benda, serta membaca kalimat sederhana.
Key word:metode Glann Doman, membaca permulaan, anak usia 5-6 tahun
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Atmanto, R.D. (2016). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui permainan flash card pada anak kelompok b tk pertiwi v grabag magelang. Skripsi tidak dipublikasikan. LPPM Universitas Negeri Yogyakarta.
Dalman.(2013). Keterampilan membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dewi, C. (2017). Implementation of glenn doman method assisted with picture cards tooimprove the skill of reading primary student. Proceedings International Seminar Of Primary Education. 1 (9), 9-14, Universitas PGRI Madiun.
Hasan, M. (2012). Pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: DIVA Press.
Hadini. (2017). Meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini melalui kegiatan permainan kartu kata di tk al-fauzan desa ciharashas kecamatan cilaku kabupaten cianjur. Jurnal Empowerment, 6 (1), 19-24.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 137 tahun 2014 tentang standar nasional pendidikan anak usia dini. Jakarta: Departemen Pendidikan.
Mursid, Muliawati, & Nur, N. (2015). Belajar dan pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Novita, W. (2007). Serba-serbi anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Oktaviani, D., & Ray, D. (2018). Pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Salsa T.A 2016/2017. Bunga rampai usia emas, 4 (1), 6-11.
Osei, A.M., Liang. Q.J., Natalia, I., & Stephen, M.A. (2016). The use of pre-reading activities in reading skills achievement in preschool education. European of Educational Research, 5 (1), 35-42.
Paramita, I.G.A.P.D. (2016). Keefektifan metode glenn doman dalam mengajar anak membaca permulaan. Soshum Jurnal Sosial Dan Humaniora, 6 (3), 267-277.
Ranggiasanka, A. (2011). Serba-serbi pendidikan anak. Yogyakarta: Siklus Hanggar Kreator.
Susanto, A. (2014). Perkembangan anak usia dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suyanto, S. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Tarigan, H.G. (2008). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wang, Y., Yinb, L., & McBride, C. (2015). Quarterly unique predictors of early reading and writing: a one-year longitudinal study of chinese kindergarteners. Early Childhood Reseach Quarterly, 32, 51-59.
Yunianti, T.D., Indriansari, A., & Girsang, B.M. (2014). Pengaruh metode glenn doman terhadap perkembangan bahasa dan kognnitif anak usia prasekolah di tk ladas berendai prabumulih. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 1 (1), 47-54.
Refbacks
- There are currently no refbacks.