PENGARUH PERMAINAN MUSIKAL TERHADAP KREATIVITAS MUSIK ANAK USIA 5-6 TAHUN

Arip Prehatiningsih, Warananingtyas Palupi, Muhammad Munif Syamsudin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan musikal terhadap kreativitas musik anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah 38 anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Sukoharjo. Data dikumpulkan menggunakan tes untuk mengukur kreativitas bermusik anak. Analisis data menggunakan independent sample t-test dengan SPSS 15 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh permainan musikal.


Kata kunci: permainan musikal, kreativitas bermusik, pendidikan anak usia dini.

References

Barbot, B & Lubart, T (2012). Creative Thinking in Music. Its Nature and Assessment Through Musical Exploratory Behaviors.

Campbell, D. (2001). Efek Mozart Memanfaatkan Kekuatan Musik Untuk Mempertajam Pikiran, Meningkatkan Kreativitas, Dan Menyehatkan Tubuh. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Lau, W.C.M. & Grieshaber, S. (2010). Musical Free Play: A Case For Invented Musical Notation In A Hong Kong Kindergarten. Journal Of Music, Cambridge University Press. 127-140

Martin Prosperity Institute. (2016). Ditingkat Global, Kreativitas Indonesia Termasuk Paling Rendah. Diperoleh 14 November dari http http://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/08/17/di-tingkat-global-kreativitas-indonesia-termasuk-paling-rendah

Neolaka, A. (2014). Metode Penelitian dan Statiska. Bandung: Rosda.

Paud Jateng. (2015). Pendidikan Seni Musik Anak. Diperoleh 5 Februari dari http http://paudjateng.com/2015/09/pendidikan-seni-musik-untuk-anak.html

Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2015). Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rahmawati, Y& Kurniati, E. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.