PENINGKATAN PENGENALAN HURUF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM PADA ANAK KELOMPOK A TK AL ISLAM 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015 / 2016

Ganis Hapsari, Yulianti Yulianti, Lies Lestari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pengenalan huruf melalui model pembelajaran quantum pada anak kelompok A TK Al Islam 4 Surakarta Tahun Ajaran 2015 / 2016 . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A TK Al Islam 4 Surakarta yang berjumlah 19 anak. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pengenalan huruf melalui model pembelajaran quantum. Prosentase ketuntasan pada pra tindakan adalah sebesar 31,57% . Pada siklus I pertemuan I mencapai 47,36%. Pada siklus I pertemuan II meningkat 57,89%. Pada siklus II pertemuan I meningkat 68,42% . Pada siklus II pertemuan II tuntas 78,94%. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran quantum dapat meningkatkan kemampuan pengenalan huruf pada anak kelompok A TK Al Islam 4 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.


Kata Kunci: kemampuan pengenalan huruf, quantum, dan anak usia dini.

References

Anitah, S. (2009). Teknologi Pembelajaran. Surakarta: Learning Resources Center UNS.

Beaty, J. (2013). Observasi Perkembang Anak Usia Dini. Jakarta:Kencana Media Group.

Masnipal. (2013). Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta : PT Ele x Media Komputindo.

Soekamto, T. (1995). Teori belajar dan model pembelajaran. Jakarta: ditjen dikti, depdiknas.

Tarigan, H, G. (2008). Menulis sebagai suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung

Yuniarni, D. (2011) Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Dengan Media Gabar Pada Anak Usia 4 – 5 Tahun di TK Nurul Muslimin Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.