PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI METODE CERITA DENGAN TEMA “MURIDKU RANI” PADA ANAK KELOMPOK B TK AL-ISLAM 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Anita Wardani, Siti Wahyuningsih, Sularmi Sularmi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandiriananakmelalui media ceitadengantema “Muridku Rani” pada anak kelompok B TK Al- Islam 4Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Al- Islam 4 Surakarta yang berjumlah 15 anak. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandiriananakmelaluiceritadengantema “Muridku Rani”. Prosentase ketuntasan pada pra tindakan adalah sebesar 33,33%. Pada siklus I pertemuan 1 meningkat menjadi 46,67%. Pada siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi53,33%. Pada siklus II pertemuan 1 meningkat menjadi 60,00%. Pada siklus II pertemuan 2 meningkat menjadi 80,00%. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa ceritadengantema “Muridku Rani” dapat meningkatkan kemandirian anak kelompok.B TK Al- Islam 4Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.


Kata Kunci: kemandiriananak, metodecerita.

References

Muhammad, F. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar- Rozz Media.

Rusman. (2012). Model- Model Pembelajaran.Bandung : Rajawali Pers

Suyadi. (2013). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Musfiroh, T. (2005). Bermain Sambil Belajar Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Depdiknas

Refbacks

  • There are currently no refbacks.