PENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF CARD SORT PADA ANAK KELOMPOK A AR-ROHMAH WIRUN MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk:1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran pemahaman konsep bilangan melalui Pembelajaran Aktif Card Sort kelompok A TK Ar-Rohmah Wirun Mojolaban Sukoharjo;2)meningkatkan pemahaman konsep bilangan anak melalui Pembelajaran Aktif Card Sort kelompok A TK Ar-Rohmah Wirun Mojolaban Sukoharjo. Penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A TK Ar-Rohmah Wirun Mojolaban Sukoharjo yang berjumlah 25 anak. Sumber data berasal dari guru dan anak. Teknik pengumpulan data yang di gunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes unjuk kerja. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran aktif Card Sort dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan anak kelompok A TK Ar-Rohmah Wirun Mojolaban Sukoharjo dari prasiklus ke siklus I, dan dari siklus I ke siklus II. Ketuntasan anak secara klasikal dalam pemahaman konsep bilangan pada prasiklus adalah sebesar 32% atau 8 anak yang mencapai kriteria tuntas. Peningkatan terjadi pada siklus I yaitu 52% atau 13 anak mencapai kriteria tuntas dalam pemahaman konsep bilangan. Dilanjutkan ke siklus II ketuntasan anak secara klasikal dalam pemahaman konsep bilangan meningkat menjadi 84% atau 21 anak mencapai kriteria tuntas. Simpulan penelitian ini adalah melalui pembelajaran aktif Card Sort dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan pada anak kelompok A TK Ar-Rohmah Wirun Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016.
Kata Kunci: konsep bilangan, Pembelajaran Aktif Card Sort, Kualitas Proses Pembelajaran
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Brendefur, J., Strother, S., Thiede, K., Lane, C., & Surges-Prokop, M. J. (2013, August 23). A Professional Development Program To Improve Math Skills Among Preschool Children In Head Start.Early Childhood Educ J, 41, 187-195. Diperoleh 29 Desember 2015, dari http://content.ebscohost.com.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
Kustini. (2012). Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Dengan Media Kartu Angka Di TK Pertiwi Rejosari. Jurnal Ilmiah IKIP Veteran Semarang. Hlm 80-91.
Oates, J. D., & Robinson, C. (2012). Preschoolers’ Mathematics Skills And Behavior: Analysis Of A National Sample.School Psychology Review, 41, 371-386. Diperoleh 29 Desember 2015, dari http://content.ebscohost.com.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014. (2015). Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Permendikbud.
Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 58 Tahun 2009. (2010). Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini
Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 58 Tahun 2009. (2010). Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini
Seefeldt, C. & Wasik, B.A. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Usia Tiga, Empat dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta: PT. Indeks.
Siti Latifah. Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Cart Sort Terhadap Hasil Belajar Siswa.
Suryadi ( 2010 ). Psikologi Belajar Pendidik Anak Usia Dini. Yogyakarta : Pustaka Insan Madani
Zaini, M., Munthe, B., & Aryani, S. A. (2007). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga.
Haryanto & Warsono, ( 2013 ). Pembelajaran Aktif dan Asesmen. Bandung : Rosda Karya
Refbacks
- There are currently no refbacks.