UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN WOODBALL PADA ANAK KELOMPOK B TK MAWAR BANTENGAN KARANGGEDE TAHUN AJARAN 2015/2016

Dian Saputriani, Siti Wahyuningsih, Warananingtyas Palupi

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan perkembangan fisik motorik kasar pada anak kelompok B TK Mawar Bantengan Karanggede tahun ajaran 2015/2016. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Mawar Bantengan Karanggede tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 35 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, unjuk kerja, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Simpulan penelitian ini adalah melalui permainan woodball dapat meningkatkan perkembangan fisik motoik kasar pada anak kelompok B TK Mawar Bantengan Karanggede tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan degan meningkatnya perkembangan fisik motoik kasar anak pada setiap siklusnya. Ketuntasan pratindakan sebesar 20%, siklus I sebesar 42,9%, dan siklus II sebesar 82,9%.


Kata kunci: motorik kasar, permainan, woodball

References

Depdiknas.(2008). Model Pengembangan Motorik Anak Prasekolah.Jakarta :

Bagian Proyek Olahraga Masyarakat, Direktorat Olahraga Masyarakat.Terbuka.

Gustiana, A. (2011). Pengaruh Permainan Modifikasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Dan Kognitif Anak Usia Dini. Diperoleh 30 desember 2015 dari http://jurnal.upi.edu/file/19-Asep_Deni_Gustiana-edit.pdf.

Gustiana, A. (2011). Pengaruh Permainan Modifikasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Dan Kognitif Anak Usia Dini. Diperoleh 30 desember 2015 dari http://jurnal.upi.edu/file/19-Asep_Deni_Gustiana-edit.pdf.

Musthafa, Bachrudin dan A. Chaedar Alwasilah. (2008). Dari LIterasi Dini ke Literasi Teknologi. Bandung: Yayasan CREST.

Soetrisno, D. (2011). Mari Bermain Woodball (lets play woodball). Semarang: Indonesia Woodball Association.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: C.V Alfabeta.

Sumantri, T.S. (2006). Psikologi Anak Luar Biasa. Bnadung:PT. Refika Aditama.

Suyanto, Slamet. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogjakarta:Gama Media

Refbacks

  • There are currently no refbacks.