PENERAPAN OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B1 TK AISYIYAH NUSUKAN I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Siti Hajar, Sadiman Sadiman, Warananingtyas Palupi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung melalui penerapan Outdoor Learning pada anak kelompok B1 TK Aisyiyah Nusukan I Surakarta tahun ajaran 2015/2016.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam empat siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dan sumber data pada penelitian ini adalah anak kelompok B1 TK Aisyiyah Nusukan I Surakarta yang berjumlah 25 orang dan guru kelompok B1. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes unjuk kerja. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berhitung anak setelah pemberian tindakan dengan menerapkan Outdoor Learning. Pada prasiklus diperoleh ketuntasan kemampuan berhitung sejumlah 10 anak atau 40%. Pada siklus I diperoleh ketuntasan kemampuan berhitung sejumlah 12 anak (48%). Pada siklus II ketuntasan kemampuan berhitung anak mengalami peningkatan sebesar (64%) atau 16 anak. Pada siklus III diperoleh ketuntasan kemampuan berhitung sejumlah 19 anak (76%). Dan pada siklus IV diperoleh ketuntasan kemampuan berhitung sejumlah 25 anak (84%).Berdasarkan uraian di atas, maka simpulan penelitian ini adalah melalui penerapan Outdoor Learning dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B1 TK Aisyiyah Nusukan I Surakarta tahun ajaran 2015/2016.


Kata Kunci: kemampuan berhitung, Outdoor Learning

References

Fatimah. (2009). Fun Math: Matematika Asyik dengan Metode Pemodelan. Bandung: Mizan Group.

Husamah. (2013). Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Mudjito. (2007). Pedoman Permainan Berhitung Permulaan Anak di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Surat Edaran. (2009). Penyelenggaraan Taman Pendidikan Kanak-kanak dan Penerimaan Siswa Baru Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Prenada Media Group.

Suwandi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Mata Padi Presindo.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Vera, A . (2012). Metode Belajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study). Yogyakarta: Diva Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.