PENERAPAN METODE GUIDED INQUIRY DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SIFAT-SIFAT BENDA MELALUI FLOATING AND SINKING PADA ANAK KELOMPOK B TK DESA SANGGUNG I TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep sifat-sifat benda
melalui kegiatan Floating and Sinking dengan penerapan metode Guided Inquiry Discovery pada anak kelompok B TK Desa Sanggung I tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dan dan sumber data dalam penelitian ini adalah 16 anak kelompok B TK Desa Sanggung I tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik dan untuk analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman sifat-sifat benda anak pada setiap siklus. Hasil pada pretes diperoleh data sebanyak 4 dari 16 anak tuntas atau sebesar 25%. Hasil observasi pada siklus
I diperoleh data dari 16 anak terdapat 8 anak atau sebesar 50% dikatakan tuntas. Siklus ke II terdapat peningkatan sebesar 87,5% atau 14 anak sudah tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan metode Guided Inquiry Discovery dengan kegiatan Floating and Sinking dapat meningkatkan pemahaman sifat-sifat benda anak kelompok B TK Desa Sanggung I tahun ajaran 2015/2016.
Kata Kunci: pemahaman sifat-sifat benda, Floating and Sinking, Guided Inquiry Discovery
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Gross, C.M. (2012). Science Concepts Young Children Learn Through Water Play. Dimensions of Early Childhood. Vol, 40. No, 22.
Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter.
Bogor: Ghalia Hopkins, D. (2011). Panduan Guru Penelitian Tindakan
Kelas . Terj. Fawaid, Achmad. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Margus Pedaste, et all. (2015). Phases of inquiry-based learning: Definitions and the inquiry cycle. Educational Research Review 14 47–61.
Pedaste, M., Mäeots, M., Siiman, L. A., Jong, T. De, Zacharia, Z. C., & Tsourlidaki, E. (2015). Phases of inquiry-based learning : Definitions and the inquiry cycle. Educational Research Review, 14, 47–6.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. (2009). Kementrian Pendidikan Nasional. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Nonformal dan Informal.
Stig Broström1. (2015). Science in Early Childhood Education. Journal of Education and Human Development. Vol, 4.
Students, C., Df, M., & Hands-on, U. (2007). ISSN 1648-3898 USING HANDSON, 134–147.
Refbacks
- There are currently no refbacks.