PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SEKSUALITAS PADA ANAK KELOMPOK B2 TK ISLAM PERMATA HATI MAKAM HAJI KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan seksualitas melalui penggunaan video pembelajaran pada anak kelompok B2 TK Islam Permata Hati Makam Haji Kabupaten Sukoharjo tahun ajaran 2015/2016.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus dilaksankan 2 kali pertemuan melalui tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Populasi dari penelitian ini yaitu sebanyak 13 orang dengan komposisi jenis kelamin perempuan sebanyak 3 orang dan laki-laki sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi data dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman melalui 3 tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data (display data), dan verifikasi (conclusion drawing). Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan video pembelajaran dapat meningkatkan pengetahuan seksualitas pada anak kelompok B2 TK Islam Permata
Hati Makam Haji kabupaten Sukoharjo tahun ajaran 2015/2016. Meningkatnya pengetahuan seksualitas pada anak ditunjukkan dari hasil penilaian dengan metode wawancara dan observasi yang dilakukan pada anak. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan besarnya capaian nilai pengetahuan seksualitas pada anak tiap siklus sebagai berikut: 1) tingkat ketuntasan prasiklus sebanyak 6 anak atau 46.15%, 2) tingkat ketuntasan Siklus I sebanyak 9 anak atau 69.23%, dan 3) tingkat ketuntasan Siklus II sebanyak 12 anak atau 92.31%.
Kata kunci: video pembelajaran, pengetahuan seksualitas, pendidikan seks untuk anak usia dini.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Irianto, K. (2014). Seksologi Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Martilopa, M. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Universitas Pendidikan Indonesia.
Notoatmodjo, S. (2007). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Kemdikbud. (2014). UU Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemdikbud.
Santrock, J.W. (2007). Perkembangan Anak Jilid 1. Terj. Rachmawati & Kuswanti. Jakarta: Erlangga.
WHO Regional Office For Europe And Bzga, Federal Centre For Health Education, Bzga Cologne (2010). Standards for Sexuality Education in Europe a Framework for Policy Makers, Educational and Health Authorities and Specialists.
Refbacks
- There are currently no refbacks.