PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH SUMBER III TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan menerapkan model Quantum Teaching pada anak kelompok B TK Aisyiyah Sumber III Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitianini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam empat siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dan sumber data pada penelitian ini adalah anak kelompok B3 TK Aisyiyah Sumber III Surakarta yang berjumlah 21 orang dan guru kelompok B3. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes unjuk kerja. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif model miles and hubbermen yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara anak pada setiap siklus. Pada prasiklus diperoleh ketuntasan keterampilan berbicara sejumlah 8 anak (38,1%) dari 21 anak. Pada siklus I diperoleh ketuntasan keterampilan berbicara sejumlah 8 anak (38,1%). Pada siklus II ketuntasan keterampilan berbicara anak mengalami peningkatan sebesar (47,6%) atau 10 anak. Pada siklus III diperoleh ketuntasan keterampilan berbicara sejumlah 13 anak (61,9%). Dan pada siklus IV diperoleh ketuntasan keterampilan berbicara sejumlah 17 anak (80,9%). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam empat siklus dapat disimpulkan bahwa dengan melalui model Quantum Teaching dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak
Kelompok B TK Aisyiyah Sumber III Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.
Kata Kunci:keterampilan berbicara, Quantum Teaching
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DePorter, B., Reardon, M., & Nourie, S. S. (2012). Quantum Teaching : Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.
Fathurrohman, M. (2015). Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013 Strategi Alternatif Pembelajaran di Era Global. Yogyakarta: Kalimedia.
Hurlock, E. B. (2010). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Suwandi, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan karya Ilmiah. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS Surakarta.
Tarigan, H. G. (2008). Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Refbacks
- There are currently no refbacks.