PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH SUMBER III TAHUN AJARAN 2015/2016

Rahajeng Setya Ariningrum, Sadiman Sadiman, Ruli Hafidah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  untuk meningkatkan  keterampilan berbicara dengan menerapkan model Quantum Teaching pada anak kelompok B TK Aisyiyah Sumber III  Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.  Penelitianini  merupakan penelitian tindakan kelas  (PTK) yang  dilakukan dalam  empat  siklus. Setiap siklus  terdiri dari  empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan  refleksi. Subjek dan sumber data pada penelitian ini adalah anak  kelompok  B3  TK  Aisyiyah  Sumber  III  Surakarta  yang  berjumlah  21  orang  dan  guru  kelompok  B3.  Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes unjuk kerja.  Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif model miles and hubbermen  yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, observasi, dan  refleksi.
Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan  adanya  peningkatan keterampilan berbicara anak pada setiap siklus. Pada prasiklus  diperoleh  ketuntasan keterampilan berbicara sejumlah  8 anak (38,1%) dari 21 anak.  Pada  siklus I diperoleh  ketuntasan  keterampilan  berbicara  sejumlah  8  anak  (38,1%).  Pada  siklus  II  ketuntasan  keterampilan berbicara  anak  mengalami  peningkatan  sebesar  (47,6%)  atau  10  anak.  Pada  siklus  III  diperoleh  ketuntasan keterampilan berbicara sejumlah 13 anak (61,9%). Dan pada siklus IV diperoleh ketuntasan keterampilan berbicara sejumlah 17 anak (80,9%). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam empat siklus dapat disimpulkan  bahwa  dengan  melalui  model  Quantum  Teaching  dapat  meningkatkan  keterampilan  berbicara  anak
Kelompok B TK Aisyiyah Sumber III Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.


Kata Kunci:keterampilan berbicara, Quantum Teaching

References

DePorter, B., Reardon, M., & Nourie, S. S. (2012). Quantum Teaching : Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Fathurrohman, M. (2015). Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013 Strategi Alternatif Pembelajaran di Era Global. Yogyakarta: Kalimedia.

Hurlock, E. B. (2010). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Suwandi, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan karya Ilmiah. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS Surakarta.

Tarigan, H. G. (2008). Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.