PENGARUH METODE BERCERITA MENGGUNAKAN PAPAN FLANEL TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN 1-20 PADA ANAK

Rengganis Nahar Kharisma, Usada Usada, Yudianto Sujana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita menggunakan papan flanel terhadap kemampuan mengenal bilangan 1-20 pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah 18 anak di  TK Aisyiyah Sumber III Surakarta. Data dikumpulkan menggunakan unjuk kerja dan tes tertulis untuk mengukur kemampuan mengenal bilangan 1-20 pada anak. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji t yang diolah menggunakan SPSS 15 for windows.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode bercerita menggunakan papan flanel terhadap kemampuan mengenal bilangan 1-20 pada anak. Rata-rata pretest 35,89 meningkat menjadi 37,72 pada saat posttest.


Kata Kunci: metode bercerita menggunakan  papan flanel, kemampuan mengenal bilangan 1-20, pendidikan anak usia dini.

References

Anitah, S. (2009). Teknologi Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Anjani, K.S., Wirya, I.N., & Sudatha, I. G. W. (2013). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Papan Flanel Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Kelompok A Di PAUD Pradnya Paramita, 1–10.

Dhieni, N. (2007). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ezokanzo, T. & Dian. (2014). Belajar Hijaiyah Sambung Dengan 28 Dongeng Kerajaan. Jakarta: Muara.

Fadlillah, M. (2014). Desain Pembelajran PAUD Panduan Untuk Pendidik Mahasiswa & Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Haryuni, S. (2014). Peningkatan Kemampuan Mengenal Bilangan Melalui Media Domino Segitiga Di PAUD Kenanga 1 Kabupaten Pesisir Selatan. Igarss 2014, (1), 1–5. http://doi.org/10.100/s13398-014-0173-7.2

Idris, M. (2015). Stategi Pembelajaran Yang Menyenangkan. Jakarta: Luxima.

Isjoni. (2010). Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.

Khairunnisa, A. (2015). Matematika Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.

Masitoh, dkk. (2005). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Maulidiyah, E. C. (2011). Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Dengan Teknik Mendongeng Terhadap Kecerdasan Logika-Matematika Anak Usia 4-5 Tahun Di TK AlHikmah Kebraon Surabaya.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Nurgiyantoro, B. (2013). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Nuriani, N.W., Lasmawan, I.W., & Sutama, I. M. (2014). Efektivitas Metode Bercerita Dengan Alat peraga Tiruan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Dan Minat Belajar Anak Di Kelompok B TK Barunawati, 4, 1–10.

Oduolowu, E., & Oluwakemi, E. (2014). Effect of Storytelling on Listening Skills of Primary One Pupil in Ibadan North Local Government Area of Oyo State , Nigeria, 4(9), 100–107.

Robbins, S. & Judge, T.A. (2014). Perilaku Organisasi . Jakarta: Salemba Empat.

Saleh, A. (2009). Number Sense: Belajar Matematika Selezat Cokelat. Jakarta: Trans Media.

pustaka.

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan . Jakarta:

Kencana.

Seefeldt, C. & Wasik, B.A. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Anak Usia Tiga,

Empat, Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta: PT. Indeks.

Sugiono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Y.N., dkk. (2007). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sujiono, Y.N. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya.

Jambi: Kencana.

Sutikno, M. S. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Triharso, A. (2013). Permainan Kreatif & Edukatif Untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: C.V

ANDI OFFSET.

Wiyani, N.A. & Barnawi. (2012). FORMAT PAUD: Konsep, Karakteristik, & Implementasi

Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.