UPAYA MENINGKATKAN PENGENALAN KONSEP PENCAMPURAN WARNA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA KELOMPOK B TK AISYIYAH KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016

Farida Rokhmi Na'imah, Samidi Samidi, Idam Ragil Widianto Atmojo

Abstract

Tujuan  dalam  penelitian  ini  untuk  meningkatkan  pengenalan  konsep  pencampuran  warna
melalui metode eksperimen pada kelompok B TK Aisyiyah Karanganyar tahun ajaran 2015/2016. Bentuk penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas  (PTK).Terdiri  dari  dua  siklus  dimana  setiap  siklus dilaksanakan  pada  empat  tahap  yaitu  perencanaan,  pelaksanaan,  pengamatan  dan  refleksi.  Subjek  dan sumber data pada penelitian ini adalah 27 anak kelompok B TK Aisyiyah Karanganyar dan guru kelompok B.  Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, dokumentasi, unjuk kerja, wawancara, dan tanya jawab. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi  metode pengumpulan
data. Teknik analisis data yang digunakan adalah  teknik  analisis  deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis.Hasil  penelitian tindakan kelas ini menunjukkan peningkatan pengenalan konsep pencampuran warna pada setiap siklus.  Pada pratindakan diperoleh data dari 27  anak terdapat  5  anak (18,52%) sudah tuntas. Hasil observasi selama siklus I diperoleh data dari 27 anak terdapat 12 anak (44,44%) sudah tuntas. Siklus ke II terdapat peningkatan sebanyak  23 anak  (85,18%).  Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus tersebut dapat disimpulkan bahwa pengenalan konsep pencampuran warna pada  kelompok B TK Aisyiyah Karanganyar tahun ajaran 2015/2016 dapat ditingkatkan melalui metode eksperimen.


Kata Kunci: Konsep Sains, Konsep Pencampuran Warna, Metode eksperimen

References

Anitah, S. (2009). Teknologi Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Fathonah, S., dan Prasetyo, Z.K. (2014). Pembelajaran Sains. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Hamdayana, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Ghalia Indonesia.

Kongpa, M., Jantaburoma, P., Bynea, D., and Obmasuya, N. (2014). Kindergarten’s Scientific Concepts and Skills in the Tree Unit. Procedia - Social and Behavioral Sciences , 116 (2014), 2120-2124. Diperoleh pada 15 Februari 2016, dari http:// www.sciencedirect.com/science/ article/ pii/ S1877042814005473.

Nugroho, S. (2015). Manajemen Warna dan Desain. Yogyakarta: ANDI.

Papalia, D. E. (2014). Menyelami Perkembangan Manusia. Jakarta Selatan: Salemba Humanika.

Sujiono, Y. N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia DIni. Jakarta Barat: PT. Macan Jaya Cemerlang.

Sukarno, Kertiasa, N., Hadiat, & Padmawinata, D. (1981). Dasar- Dasar Pendidikan Sains. Jakarta: Bhratara Karya Aksara.

Supriani, E., Rintayati, P., & Sujana, Y. (2014). Penerapan Pengetahuan Tentang Pencampuran Warna Melalui Metode Bermain Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Kelompok B TK Mutiara Tahun Ajaran 2013/ 2014. Kumara Cendikia, 2 (1), 1-8. Diperoleh pada 20 Februari 2016, dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/4403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.