UPAYA MENINGKATKAN PENGENALAN KONSEP PENCAMPURAN WARNA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA KELOMPOK B TK AISYIYAH KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini untuk meningkatkan pengenalan konsep pencampuran warna
melalui metode eksperimen pada kelompok B TK Aisyiyah Karanganyar tahun ajaran 2015/2016. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan pada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dan sumber data pada penelitian ini adalah 27 anak kelompok B TK Aisyiyah Karanganyar dan guru kelompok B. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, dokumentasi, unjuk kerja, wawancara, dan tanya jawab. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode pengumpulan
data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis.Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan peningkatan pengenalan konsep pencampuran warna pada setiap siklus. Pada pratindakan diperoleh data dari 27 anak terdapat 5 anak (18,52%) sudah tuntas. Hasil observasi selama siklus I diperoleh data dari 27 anak terdapat 12 anak (44,44%) sudah tuntas. Siklus ke II terdapat peningkatan sebanyak 23 anak (85,18%). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus tersebut dapat disimpulkan bahwa pengenalan konsep pencampuran warna pada kelompok B TK Aisyiyah Karanganyar tahun ajaran 2015/2016 dapat ditingkatkan melalui metode eksperimen.
Kata Kunci: Konsep Sains, Konsep Pencampuran Warna, Metode eksperimen
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anitah, S. (2009). Teknologi Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
Fathonah, S., dan Prasetyo, Z.K. (2014). Pembelajaran Sains. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Hamdayana, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Ghalia Indonesia.
Kongpa, M., Jantaburoma, P., Bynea, D., and Obmasuya, N. (2014). Kindergarten’s Scientific Concepts and Skills in the Tree Unit. Procedia - Social and Behavioral Sciences , 116 (2014), 2120-2124. Diperoleh pada 15 Februari 2016, dari http:// www.sciencedirect.com/science/ article/ pii/ S1877042814005473.
Nugroho, S. (2015). Manajemen Warna dan Desain. Yogyakarta: ANDI.
Papalia, D. E. (2014). Menyelami Perkembangan Manusia. Jakarta Selatan: Salemba Humanika.
Sujiono, Y. N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia DIni. Jakarta Barat: PT. Macan Jaya Cemerlang.
Sukarno, Kertiasa, N., Hadiat, & Padmawinata, D. (1981). Dasar- Dasar Pendidikan Sains. Jakarta: Bhratara Karya Aksara.
Supriani, E., Rintayati, P., & Sujana, Y. (2014). Penerapan Pengetahuan Tentang Pencampuran Warna Melalui Metode Bermain Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Kelompok B TK Mutiara Tahun Ajaran 2013/ 2014. Kumara Cendikia, 2 (1), 1-8. Diperoleh pada 20 Februari 2016, dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/4403
Refbacks
- There are currently no refbacks.