PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI MELUKIS DENGAN MIXED MEDIA PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI 02 NGIJO KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016

Ningrum Ayu Rahmawati, Hadiyah Hadiyah, Muhammad Munif Syamsudin

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  meningkatkan  kreativitas  anak  melalui  melukis  dengan  mixed  media pada anak kelompok B TK Pertiwi 02 Ngijo Karanganyar tahun ajaran 2015/2016. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Pertiwi 02 Ngijo Karanganyar tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah  observasi,  wawancara,  pemberian tugas, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model analisis interaktif  yang  terdiri  dari  reduksi  data,  penyajian  data,  dan  penarikan  kesimpulan. Simpulan  penelitian  iniadalah melalui melukis dengan mixed media  dapat meningkatkan kreativitas anak kelompok B  TK  Pertiwi 02 Ngijo Karanganyar tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan degan meningkatnya kreativitas anak pada setiap siklusnya. Ketuntasan pratindakan sebesar 20%, siklus I sebesar 45%, dan siklus II sebesar 85%.


Kata kunci: kreativitas, melukis dengan mixed media

References

Ayan, J. E. (2002). Bengkel Kreativitas. Bandung: Penerbit Kaifa.

Dewi, N. N., Sulastri, M., & Ambara, D. P. (2014). Penerapan Metode Drill Melalui Kegiatan Melukis Mixed Media Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak. eJournal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.2, No.1, Di peroleh tanggal 10 Januari 2016, dari http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article .

Hasan, M. (2012). Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: DIVA Press.

Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat . Jakarta: PT Rineka Cipta.

Pamadhi, H., & Sukardi, E. (2008). Seni Keterampilan Anak . Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.