PENGARUH PENERAPAN KEGIATAN BERKEBUN TERHADAP PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK

Tiara Ratnasari, Yudianto Sujana, Adriani Rahma Pudyaningtyas

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  penerapan  kegiatan  berkebun  terhadap perkembangan  fisik  motorik  anak  usia  5-6  tahun.  Penelitian  ini  merupakan  penelitian  kuantitatif  quasi eksperimen dengan menggunakan desain time series. Sampel penelitian ini adalah 29 anak usia 5-6 tahun di TK  Bhakti  03  Karangpandan.  Data  dikumpulkan  menggunakan  tes  untuk  mengukur  perkembangan  fisik motorik anak. Analisis data menggunakan paired sample t-test dengan SPSS  15  for windows. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan kegiatan berkebun terhadap perkembangan fisik motorik anak.


Kata Kunci: kegiatan berkebun, perkembangan fisik motorik ,pendidikan anak usia dini.

References

Beetlestone, F. (2012). Creative Learning: Strategi Pembelajaran untuk Melesatkan Kreatifitas Siswa. Bandung: Nusa Media.

Herdianing, M. (2014). Desain Sarana Berkebun dan Bermain Untuk Anak Usia 4-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak. ITB: Jurnal Tingkat Sarjana Seni Rupa dan Desain, 1, 1-10.

Hildayani, dkk. (2008). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta:Universitas Terbuka.

Lismadiana. (2013). Peran Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Keolahragaan, 2(3), 101-133.

Marliza. (2012). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Melukis dengan Kuas Taman Kanak-kanak Pasaman Barat. Jurnal Pesona, 1(1).

Mőnks, F.J., Knoers., Nijmegen., Dekker., & Vegt, V.D. (1988). Ontwikkelings Psychologie Inleiding Tot De Verschillende Deelgebieden. Yogyakarta: Gajah Mada Univercity Press.

Sugiyono (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno & Harjono, H.S. (2005). Pengenalan Lingkungan Alam Sekitar sebagai Sumber Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Wells & Nancy. (2014). School Gardens grow kids’ physical activity. Human Ecology. 42

Wiyani, N.A. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Yusuf, S. (2011). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.