PENGARUH PENERAPAN KEGIATAN BERKEBUN TERHADAP PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan kegiatan berkebun terhadap perkembangan fisik motorik anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan menggunakan desain time series. Sampel penelitian ini adalah 29 anak usia 5-6 tahun di TK Bhakti 03 Karangpandan. Data dikumpulkan menggunakan tes untuk mengukur perkembangan fisik motorik anak. Analisis data menggunakan paired sample t-test dengan SPSS 15 for windows. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan kegiatan berkebun terhadap perkembangan fisik motorik anak.
Kata Kunci: kegiatan berkebun, perkembangan fisik motorik ,pendidikan anak usia dini.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Beetlestone, F. (2012). Creative Learning: Strategi Pembelajaran untuk Melesatkan Kreatifitas Siswa. Bandung: Nusa Media.
Herdianing, M. (2014). Desain Sarana Berkebun dan Bermain Untuk Anak Usia 4-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak. ITB: Jurnal Tingkat Sarjana Seni Rupa dan Desain, 1, 1-10.
Hildayani, dkk. (2008). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta:Universitas Terbuka.
Lismadiana. (2013). Peran Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Keolahragaan, 2(3), 101-133.
Marliza. (2012). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Melukis dengan Kuas Taman Kanak-kanak Pasaman Barat. Jurnal Pesona, 1(1).
Mőnks, F.J., Knoers., Nijmegen., Dekker., & Vegt, V.D. (1988). Ontwikkelings Psychologie Inleiding Tot De Verschillende Deelgebieden. Yogyakarta: Gajah Mada Univercity Press.
Sugiyono (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno & Harjono, H.S. (2005). Pengenalan Lingkungan Alam Sekitar sebagai Sumber Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.
Wells & Nancy. (2014). School Gardens grow kids’ physical activity. Human Ecology. 42
Wiyani, N.A. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.
Yusuf, S. (2011). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.