PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGURUTKAN POLA BENTUK GEOMETRI DENGAN MEDIA PAPAN BULETIN PADA ANAK KELOMPOK B BA AISYIYAH SANGGRAHAN TAHUN AJARAN 2015/ 2016

Nining Setyawati, Siti Kamsiyati, Jenny IS Poerwanti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengurutkan pola bentuk geometri dengan media papan buletin pada anak kelompok B BA Aisyiyah Sanggrahan tahun ajaran 2015/ 2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari tiga pertemuan dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B BA Aisyiyah Sanggrahan tahun ajaran 2015/ 2016 yang berjumlah 23 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, kajian dokumen, pemberian tugas, unjuk kerja, dan hasil karya. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan media papan buletin dapat meningkatkan kemampuan mengurutkan pola bentuk geometri pada anak kelompok B BA Aisyiyah Sanggrahan tahun ajaran 2015/ 2016. Hal ini dapat dibuktikan meningkatnya kemampuan mengurutkan pola bentuk geometri pada anak didik. Pada prasiklus terdapat 10 anak didik (43,48%) kategori tuntas. Pada siklus I mengalami peningkatan yaitu 16 anak didik (69,57%) kategori tuntas. Kemudian pada siklus II terdapat 20 anak didik (86,96%) kategori tuntas. Simpulan penelitian ini adalah melalui penggunaan media papan buletin dapat meningkatkan kemampuan mengurutkan pola bentuk geometri pada anak kelompok B BA Aisyiyah Sanggrahan tahun ajaran 2015/ 2016


Kata Kunci: media papan buletin, kemampuan mengurutkan pola bentuk geometri

References

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran : Mengenal, Merancang, dan Mempraktikkannya. Yogyakarta: Diva Pers.

Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sanaky, H.A.H. (2011). Media Pembelajaran : Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Seefeldt, C & Wasik, A.B. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini : Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta : Indeks.

Smith, A. & Price (2012). Mathematics in Early Years Education : Third Edition. New York: Routledge.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Warren, E,. & Cooper, T. (2006). Using repeating patterns to explore functional thinking. Australian Primary Mathematics Classroom, 11, 9-14. Diperoleh tanggal 24 Februari 2016 pukul 10.00, diakses melalui www.eric.ed.gov.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.