PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MEDIA FLIP CHART PADA ANAK KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK DAN PLAY GROUP KREATIF PRIMAGAMA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan
media Flip Chart. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK).
Terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus dilaksanakan pada empat tahap, yaitu
perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data
dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes unjuk kerja.
Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data
yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif komparatif dan analisis kritis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media Flip Chart dapat
meningkatkan keterampilan berbicara.
Kata kunci: Flip Chart, Keterampilan berbicara, Anak kelompok A
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ampa, A.P., Basri, M., dan Andriani, A.A. (2013). The Development of Contextual Learning Materials For the English Speaking English Speaking Skills. International Journal of Education an Research, 1 (9). Diperoleh 25 Januari 2014, dari http://ijern.com/journal/september-2013/11.pdf.
Andalin, T., Masykuri, M., dan Sudarisman, S. (2012). Pembelajaran Biologi
Menggunakan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Melalui
Media Flip Chart dan Video Ditinjau dari Kemampuan Verbal dan Gaya
Belajar. Jurnal Inkuiri, 1 (2). Diperoleh 25 Januari 2014, dari
http://jurnal.pasca.uns.ac.id.
Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Iskandarwassid dan Suhendar, D. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rasdakarya.
Jani, A.J. (2012). Upgroding Audio-Visual and in Classroom. Research Expo
International Multidisciplinary Research Journal, 2 (3). Diperoleh 24 Januari
, dari http://researchjournals.in
Nurjamal, D., Sumirat, W., dan Darwis, R. (2011). Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.
Oradee, T. (2012). Developing Speaking Skills Using There Cummunicative Activities (Discussion, Problem Solving, and Role Playing). International Journal of Social Science and Hummanity, 2 (6). Diperoleh 24 Januari 2014, dari http://Ijssh.org/papers/164-A10036.pdf.
Suhartono. (2005). Pengembangan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Tarigan, H.G. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Percetakan Angkasa.
Wicaksani, W. A. (2013). Using Digital Discussion Through Commenting Blog To Improve Students’ Ability In Writing Analytical Exposition Text. Journal of
English Language Teaching. 2 (1). Diperoleh 2 Maret 2014, dari
http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/elt.
Refbacks
- There are currently no refbacks.