PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MEDIA FLIP CHART PADA ANAK KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK DAN PLAY GROUP KREATIF PRIMAGAMA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

Linda Dwi Setyowati, Hartono Hartono, Ismail Sriyanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan
media Flip Chart. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK).
Terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus dilaksanakan pada empat tahap, yaitu
perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data
dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes unjuk kerja.
Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data
yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif komparatif dan analisis kritis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media Flip Chart dapat
meningkatkan keterampilan berbicara.


Kata kunci: Flip Chart, Keterampilan berbicara, Anak kelompok A

References

Ampa, A.P., Basri, M., dan Andriani, A.A. (2013). The Development of Contextual Learning Materials For the English Speaking English Speaking Skills. International Journal of Education an Research, 1 (9). Diperoleh 25 Januari 2014, dari http://ijern.com/journal/september-2013/11.pdf.

Andalin, T., Masykuri, M., dan Sudarisman, S. (2012). Pembelajaran Biologi

Menggunakan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Melalui

Media Flip Chart dan Video Ditinjau dari Kemampuan Verbal dan Gaya

Belajar. Jurnal Inkuiri, 1 (2). Diperoleh 25 Januari 2014, dari

http://jurnal.pasca.uns.ac.id.

Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Iskandarwassid dan Suhendar, D. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rasdakarya.

Jani, A.J. (2012). Upgroding Audio-Visual and in Classroom. Research Expo

International Multidisciplinary Research Journal, 2 (3). Diperoleh 24 Januari

, dari http://researchjournals.in

Nurjamal, D., Sumirat, W., dan Darwis, R. (2011). Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.

Oradee, T. (2012). Developing Speaking Skills Using There Cummunicative Activities (Discussion, Problem Solving, and Role Playing). International Journal of Social Science and Hummanity, 2 (6). Diperoleh 24 Januari 2014, dari http://Ijssh.org/papers/164-A10036.pdf.

Suhartono. (2005). Pengembangan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas

Tarigan, H.G. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Percetakan Angkasa.

Wicaksani, W. A. (2013). Using Digital Discussion Through Commenting Blog To Improve Students’ Ability In Writing Analytical Exposition Text. Journal of

English Language Teaching. 2 (1). Diperoleh 2 Maret 2014, dari

http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/elt.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.