PERBANDINGAN ANTARA HASIL TES PEMEROLEHAN LAGU DI TK DENGAN HASIL MENONTON TELEVISI PADA ANAK TK AISYIYAH BATURANCOLOMADU TAHUN AJARAN 2013/ 2014

Anita Madiana Dewi, Hartono Hartono, Sadiman Sadiman

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil perbandingan pemerolehan
lagu anak di TK dengan hasil menonton televisi pada anak kelompok B1 TK Aisyiyah
Baturan Colomadu Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif. Pengambilan data penelitian dengan
menggunakan tes unjuk kerja dengan menyanyikan 42 lagu dari hasil pembelajaran di TK
dengan 15 lagu dari acara YKS (Yuk Keep Smile) di televisi. Hasil penilaian menunjukkan
bahwa pemerolehan lagu anak di TK lebih banyak dibandingkan dengan pemerolehan lagu
hasil menonton televisi dengan nilai 70,89 untuk pemerolehan lagu di TK dan 44,71 untuk
pemerolehan lagu dari hasil menonton televisi.


Kata kunci :pemerolehan lagu, lagu di TK, hasil menonton televisi

References

Annurrahman.(2012). Belajar dan Pembelajaran.Bandung : Alfabeta.

Blacking, J. (1976).How Musical is Man?.London : Faber and Faber 3 Queen Square.

Dias, R. (2012). Lagu Model Untuk Sekolah DasarDalam Mengembangkan Daya Musikalitas.Harmonia: Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni. Diperoleh 23 Maret 2013 dari http://portalgaruda.org.

Kamtini & Tanjung, Husni Wardi.(2005). Bermain Melalui Gerak dan Lagu di Taman Kanak-Kanak.Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Kartodirdjo, S. (1994).Kebudayaan Pembangunan Dalam Perspektif Sejarah.Yogyakarta : Gajah Mada University Press

Kusrina. (2007). Dampak Tayangan Lagu Anak-Anak Di Televisi Pada Pendidikan Seni Di Sekolah (The Effect Of Children Song Show On Television Toward Art Education In School). Harmonia Jurnal Pengetahuan Dan Pemikiran Seni.7 (2).Diperoleh 18 Mei 2014 dari http://portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=135835.

Mack, D .(2001). Pendidikan Musik Antara Harapan dan Realitas.Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Mizener, C. P. (2008). Our Singing Children : Developing Singing Accuracy. General MusicToday. 21(3), 18-24. Diperoleh dari http://gmt.sagepub.com on October 21, 2009.

Sanjaya, W. (2012).Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran.Kencana : Jakarta.

Shinta, Q. (2010). Pemerolehan Pragmatik Dalam Bahasa Anak Studi Kasus Prinsip Kerja Sama – Maksim Grice Pada Anak Usia Enam (6) Tahun. Dinamika Bahasa Dan Ilmu Budaya.4(2).66-83. Diperoleh 13 Mei 2014, dari http://portalgaruda.org.

Yosep, W. (2004).Pembelajaran Musik Kreatif Pada Anak Usia Dini (The Learning Of Creative Music In Early-Childhood Children).Harmonia: Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni. Diperoleh 23 Maret 2013 dari

http://portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=135874.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.