Peningkatan Pengenalan Konsep Gejala Alam melalui Metode Eksperimen pada Anak Kelompok BTK Aisyiyah Kadipiro 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/ 2014

Ayom Estu Royani, Samidi Samidi, Joko Daryanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengenalan konsep gejala alam
melalui metode eksperimen pada anak kelompok B TK Aisyiyah Kadipiro 1 Surakarta
tahun ajaran 2013/ 2014.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).
Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Kadipiro 1 Surakarta yang
berjumlah 31 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode eksperimen
dapat meningkatkan pengenalan konsep gejala alam pada anak kelompok B TK
Aisyiyah Kadipiro 1 Surakarta. Hal ini terbukti pada hasil siklus I dan siklus II sebagai
berikut: pada siklus I dari 31 anak, sebanyak 16 anak atau 51,61% mencapai nilai
tuntas. Pada siklus II sebanyak 25 anak atau 80,65% mencapai nilai tuntas.


Kata kunci: pengenalan konsep, gejala alam, metode eksperimen.

References

Abimanyu, S. & Sulo, S.L.L.. (2010). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional.

Gilbert, J.K. & Reiner, M. (2000). Thought experiments in science education: potential and current realization. International Journal of Science Educatio, 22 (3), 265-283. Diperoleh 11 Maret 2014, dari edu.technion.ac.il

Iskandar, S.M.. (2001). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: C.V. Maulana Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No.22/PRT/M/2007 Tentang Pedoman Penataan Ruang Kawasan Rawan Bencana Longsor. Diperoleh tanggal 20 Januari 2014 dari,http://www.bkprn.org/depan.php?cat=12&&cats=Permen.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Putra, S.R. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press

Ragil, I. (2013). Gizi untuk Anak Usia Dini. Surakarta: UNS Press.

Sagala, S. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta

Sajimin, Wulandari, S., Rahmadi, D.. (2009). Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/ Mi Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Diperoleh tanggal 22 Januari 2014, dari http://bse.kemdikbud.go.id/

Samlawi, F. & Maftuh, B.. (2001). Konsep Dasar IPS. Bandung: CV. Maulana

Refbacks

  • There are currently no refbacks.