PENERAPAN PERMAINAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGELOMPOKKAN BENDA SESUAI DENGAN UKURAN PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA MLOPOHARJO I TAHUN AJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan
mengelompokkan benda sesuai dengan ukuran pada anak kelompok B TK
Dharma Wanita Mlopoharjo I tahun ajaran 2013/2014 melalui penerapan
permainan kooperatif. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus.
Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan
refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan kooperatif
dapat meningkatkan kemampuan mengelompokkan benda sesuai dengan ukuran
pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Mlopoharjo I tahun ajaran
2013/2014.
Kata kunci : permainan kooperatif, kemampuan mengelompokkan ukuran
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Masitoh, Setiasih, O., & Djoehaeni, H. (2005). Pendekatan Belajar Aktif Di
Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.
Santrock. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Seefeldt, C. & Wasik, B. A. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini: Menyiapkan
Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta: PT
Indeks.
Sudono, A., Arrahmi, D., Setiani, S., Intasari, I., & Astuti, T. (2007). Permainan Kreatif untuk Anak Usia Dini. Jakarta: PT Penerbitan Sarana Bobo.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta.
Sujiono, Y.N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT
Indeks.
Ramli. (2005). Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta:
Depdiknas.
Wahyuningsih, S. (2009). Bidang-bidang Pengembangan Materi Guru TK.
Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS Surakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.