PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR

Herni Kurniawati, Retno Winarni, Noer Hidayah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar pada
anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Bulurejo Juwiring, Klaten tahun ajaran 2013/
2014 dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Penelitian
dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus
terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini
adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Bulurejo Juwiring, Klaten yang terdiri
dari 30 anak. Sumber data berasal dari guru, kepala sekolah dan anak. Teknik pengumpulan
data dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu,
reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.Hasil penelitian
menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and
Learning dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak kelompok B TK Aisyiyah
Bustanul Athfal Bulurejo Juwiring, Klaten


Kata kunci: keterampilan motorik kasar, model pembelajaran Contextual Teaching and
Learning

References

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Decaprio, R. (2013). Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah. Yogyakarta: Diva

Press.

Hanafiah, N. & Suhana, C. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Retika Aditama.

Harmuni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Johnson, E. B. (2010). Contextual Teaching & Learning. Terj. Alwasilah, Chaedar. Bandung:

MLC.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Minades. (2013). Upaya Meningkatkan Motorik Kasar dengan Pembelajaran Tari Menthokmenthok pada Anak Kelompok B TK Kebonromo IV Sragen Tahun 2012/ 2013. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Pramita, E.W. (2010). Dahsyatnya Otak Usia Emas. Yogyakarta: Interprebook.

Rahyubi, H. (2012). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:

Kencana Prenada Media.

Samsudin. (2008). Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Litera Prenada Media Group.

Sofiah, N. (2012). Upaya Mengembangkan Motorik Kasar Melalui Bermain Papan Titian Pada Anak Kelompok B Tk Piri Nitikan Yogyakarta. Yogyakarta: FKIP Universitas Negeri Yogyakarta. Diunduh: 3 Maret 2014, dari: skripsi

motkasar.ejournal.unp.ac.id.

Sugiyanto. (2009). Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia PSG Rayon 13.

Trianto. (2007). Model-model Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. (2010). Bandung: Citra Umbara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.