Peningkatan Kemampuan Berbahasa Lisan Melalui Metode Bercerita Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Kadipiro 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak
khususnya kemampuan berbicara dengan menggunakan metode bercerita pada anak
kelompok B TK Aisyiyah Kadipiro 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, pada setiap siklus terdiri dari
empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap
refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Kadipiro 1 Surakarta
yang berjumlah 25 anak. Sumber data berasal dari anak dan wali kelas. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes (unjuk kerja). Validitas
data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data secara deskriptif
komparatif. Peningkatan kemampuan berbahasa lisan anak ditandai dengan meningkatnya
ketuntasan klasikal anak dari siklus I dan siklus II. Siklus I hasil kemampuan berbahasa lisan
anak mencapai 40% menjadi 80% pada siklus II. Berdasarkan uraian tersebut, dapat
disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan
berbahasa lisan pada anak kelompok B TK Aisyiyah Kadipiro 1 Surakarta.
Kata kunci : Kemampuan berbahasa lisan, metode bercerita
References
Dhieni, N. (2008). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka
Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga
Indarwati, A. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan dengan
Menggunakan Media Cerita Bergambar Pada Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah 44
Tandes Lor – Kota Surabaya. Skripsi Universitas Negeri Surabaya.
Isbell, R., Sobol, J., Lindauer, L., Lawrance, A. (2004). The Effects of Storytelling and Story
Reading on the Oral Language Complexity and Story Comprehension of Young
Children. Early Childhood Education Journal, 32 (3), 157-163.
Miller, S. & Pennycuff, L. (2008). The Power of Story: Using Storytelling to Improve
Literacy Learning. Journal of Cross-Disciplinary Perspectives in Education, 1 (1), 36-43.
Moeslichatoen. (1999). Metode Pengajaran di Taman Kana-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta
Musfiroh, T. (2008). Memilih, Menyusun, dan Menyajikan Cerita Untuk Anak Usia Dini.
Yogyakarta: Tiara Wacana
Sugono, D. (2002). Berbahasa Indonesia Dengan Benar. Jakarta: Penebar Swadaya
Suwandi, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah.
Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS
Tarigan, H. G. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Yanti. (2013). Peningkatan Perilaku Moral Anak Melalui Metode Bercerita Menggunakan
Media Gambar Orang-Orangan Di Paud Habibul Ummi II Kecamatan Sutera
Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi Universitas Negeri Padang
Refbacks
- There are currently no refbacks.