PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SAINS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL GULON JEBRES SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

Fita Tuti Agustina, Kuswadi Kuswadi, Hasan Mahfud

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep sains
melalui model pembelajaran guided discovery di TK Aisyiyah Bustanul Athfal
Gulon Jebres Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam tiga siklus, yang setiap siklusnya dua
kali pertemuan dan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B
TK Aisyiyah Bustanul Athfal Gulon Jebres yang berjumlah 22 anak. Teknik
pengumpulan data melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif. Kesimpulan
penelitian ini adalah melalui model pembelajaran guided discovery dapat
meningkatkan pemahaman konsep sains anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul
Athfal Gulon Jebres Surakarta.


Kata Kunci: Model Pembelajaran Guided Discovery, Pemahaman Konsep
sains

References

Adi, S. (2009). Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap (Sains) untuk SD kelas

III, IV, V, dan VI. Surakarta: Bringin 55.

Jacobsen, D. A., Eggen P, Kauchak D. (2009). Methods for Teaching (Metode-

Metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA). Terj.

Fawaid Achmad & Anam Khoirul. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saepudin, A. (2011). Pembelajaran Sains Pada Program Pendidikan Anak Usia

Dini. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol,XV. No,2.

Santrock, J. W. (2009). Psikologi Pendidikan (Educational Psychology). Terj.

Diana Angelica. Jakarta: Salemba Humanika.

Suwandi, S. (2009). Model Assesmen dalam Pembelajaran. Surakarta: Panitia

Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS.

Suyanto, S. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta:

Hikayat.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.