PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BERAT RINGAN DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK B 1 TK PERTIWI PULOSARI KEBAKKRAMAT KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2013/2014

Yurizky Enis Kusumaswari, Sri Anitah, Siti Istiyati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep berat ringan dengan metode eksperimen pada anak kelompok B 1 TK Pertiwi Pulosari Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B 1 TK Pertiwi Pulosari Kebakkramat Karanganyar yang berjumlah 21 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pemberian tugas, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengunaan metode eksperimen dapat meningkatkan pemahaman konsep berat ringan pada anak kelompok B 1 TK Pertiwi Pulosari Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014.


Kata kunci: Pemahaman konsep berat ringan, Metode eksperimen

References

Fadiatun, N. (2013). Upaya peningkatan pengenalan pengetahuan peristiwa alam melalui metode eksperimen pada anak kelompok B TK Adinda Mojolaban Sukoharjo (Skripsi). UPT Perpustakaan UNS.

Lestari KW. (2011). Konsep Matematika Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Derektorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementrian Pendidikan Nasional.

Nugraha, A. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. Bandung : Jilsi Foundation.

Putra, S.R. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: Diva Press.

Sagala, S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sumantri, M. & Permana, J. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Maulana.

Yulianti, D. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Indeks.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.