PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DALAM KEGIATAN MOZAIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA ANAK KELOMPOK B TK SANDHY PUTRA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Nurhalimah Nurhalimah, Yulianti Yulianti, Shaifuddin Shaifuddin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus dalam
kegiatan mozaik pada anak kelompok B TK sandhy putra surakarta tahun pelajaran
2013/2014 melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions
(STAD). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus
merupakan perbaikan yang didasarkan atas hasil refleksi dari hasil siklus sebelumnya.
Dalam tiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team
Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan kemampuan motorik halus dalam kegitan
mozaik anak kelompok B TK Sandhy Putra Surakarta tahun pelajaran 2013/2014.


Keywords : model pembelajaran kooperatif tipe STAD, motorik halus, mozaik

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta

Ratnasari, E. (2013) Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Bermain

Membatik Pada Anak Kelompok B RA AL-Islam Mangun Sari 02 Gunung Pati

Semarang”.

Fikriyati, M. (2013). Perkembangan anak usia emas (Golden Age). Jogjakarta: Laras Media

Prima

Hurlock, E. B. (2005). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Isjoni. (2010). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Iskandarwasid dan Dadang, S. (2008). Strategi pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Muharrar, S., Verayanti, S. (2013). Kreasi Kolase, Montase, Mozaik Sederhana. Semarang:

Erlangga

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Shaifuddin, M. (2009). Pengantar Seni Rupa Anak. Salatiga: Widya Sari Press Salatiga.

Soemarjadi, Ramanto dan Zahri. (2001). Pendidikan Keterampilan. Malang: Universitas

Negeri Malang.

Sugiyanto. (2009). Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru

Rayon 15 FKIP UNS Surakarta.

Suprijono, A. (2011). Cooperive Learning. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Sutikno, M.S. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistika

Suyadi. (2010). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Pt Bintang Pustaka Abadi (Bipa).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.