MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR MELALUI PEMBELAJARAN QUANTUM ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH BAKI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2013/2014

Nunung Widyastuti Ningsih, Sri Anitah, Kuswadi Kuswadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menggambar melalui
pembelajaran Quantum pada anak kelompok B TK Aisyiyah Baki Sukoharjo Tahun Aajaran
2013/2014.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) berlangsung selama dua
siklus, dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari kegiatan
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B
TK Aisyiyah Baki Sukoharjo, yang berjumlah 17 anak yang terdiri dari 9 anak perempuan dan
8 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes
paper dan pencil, serta dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis
data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu
reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.Hasil penelitian
menunjukkan bahwa melalui pembelajaran Quantum dapat neningkatkan kemampuan
menggambar anak. Kemampuan menggambar sebelum tindakan ada 5 anak (30%) mencapai
nilai tuntas (•). Pada kondisi awal ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan
menggambar anak dalam kategori rendah. Pada siklus I meningkat menjadi 11 anak (73%)
mencapai nilai tuntas (•). Pada siklus II meningkat dengan 14 anak (82%) yang mencapai nilai
tuntas (•).Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui pembelajaran Quantum dapat
meningkatkan kemampuan menggambar pada anak kelompok B TK Aisyiyah Baki Sukoharjo
Tahun Aajaran 2013/2014.


Kata kunci : Kemampuan Menggambar, Pembelajaran Quantum.

References

Beal, N. & Miller, G.B. 2003. Rahasia Mengajarkan Seni pada Anak. Yogyakarta:

Pripoenbooks.

DePorter, B., Reandon, M., & Singer-Nourie, S,. 2011. Quantum Teaching. ,

”Mempraktekkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas”. Bandung: Kaifa.

Dhevie, M. A. 2012. Efektifitas Penerapan Quantum dalam Meningkatkan Prestasi Belajar

Siswa. Diperoleh 17 Februari 2014 dari

http://library.walisongo.ac.id/digilib/download.php?id=19534

Dimyanti dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Farida, N. 2012. Peningkatan Kemampuan Menggambar melalui Media Spidol dengan

Metode Pemberian Tugas Anak Kelompok A TK Harapan Kita Surabaya. Artikel

Jurnal Hasil Penelitian Universitas Negri Surabaya Tahun 2011-2013. Diperoleh 2

Januari 2013 dari http://ejournal.unesa. ac.id/index.php/paudteratai/

article/view/849/baca-artikel.

Jihad, A dan Haris, A. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Muhammad, A. 2009. Panduan Praktis Menggambar dan Mewarnai untuk Anak. Jogjakarta:

Power Books (IHDIA)

Ningsih, I, C. 2011. Peningkatan Keterampilan Mengarang Fiksi melalui Model Pembelajaran

Quantum Teknik Peta pada Siswa Kelas III SDN Trosemi 02 Gatak Sukoharjo.

Kumpulan Abstrak Hasil Penelitian Universitas Sebelas Maret Surakarta Tahun

/2011. Hal 5.

Olivia, F. 2013.Gembira Bermain Corat-coret. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung : Alfabeta.

Suwandi, S. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta:

UNS Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.