UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI METODE BERMAIN KOOPERATIF TEMA PEKERJAAN PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK A TK AISYIYAH SUMBER 3 BANJARSARI SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan sosial pada peserta didik kelompok A TK Aisyiyah Sumber 3 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus dengan masing-masing siklus terdapat dua pertemuan, dan tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelompok A TK Aisyiyah Sumber 3 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014 dengan jumlah 20 peserta didik yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, unjuk kerja dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan sosial melalui metode bermain kooperatif pada peserta didik kelompok A di TK Aisyiyah Sumber 3 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014, dengan perolehan nilai pada pratindakan nilai ketuntasan mencapai 30%, kemudian dilakukan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan dengan nilai ketuntasan mencapai 50% dan pada siklus II menjadi 80%. Simpulan penelitian ini adalah melalui metode bermain kooperatif dapat meningkatkan keterampilan sosial pada peserta didik kelompok A TK Aisyiyah Sumber 3 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014.
Kata kunci: keterampilan sosial, metode bermain kooperatif, tema pekerjaan
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abimanyu, S. (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional
Gulay, O., Mirzeoglu, D., & Celebi, M. (2010). Effects of Cooperative Games on Social Skill Levels and Attitudes Toward Phsyical Education. Eurasian Journal of Educational Research. 40, 77-92
Hurlock, E. B. (1978). Child Development. Singapore: McGraw-Hill
Istanti, P. Y. (2008). Perbedaan Keterampilan Sosial antara Anak yang Bermain dengan Permainan yang Bersifat Soliter dengan Anak yang Bermain dengan Permainan yang Bersifat Kooperatif. Semarang: Perpustakaan Unika
Kibtiyah, M. (2006). Efektivitas Cooperative Games dalam Meningkatkan Ketrampilan Sosial Anak Taman Kanak-kanak. Jurnal Studi Agama Dan Masyarakat, 6 (1), 61-95
Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Asdi Mahasatya
Mutiah, D. (2012). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group
Seriati, N.N. & Hayati, N. (2012). Permainan Tradisional Jawa Gerak dan Lagu untuk Menstimulasi Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Jogjakarta: UNY
Siska, Y. (2011). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 2 (1), 33-37
Slamet. Y. (2006). Metode Penelitian Sosial. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press
Refbacks
- There are currently no refbacks.