Peningkatan Pemahaman Penggolongan Benda Melalui Metode Demonstrasi Berbantuan Video Interaktif Pada Anak Kelompok A TK Eka Puri Mandiri Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014

Novita Eka Nurjanah, Sukarno Sukarno, Joko Daryanto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman penggolongan benda melalui metode demonstrasi berbantuan video. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validitas instrumen penelitian ini menggunakan validitas isi dan validitas konstruk, sedangkan validitas data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui metode demonstrasi berbantuan video dapat meningkatkan pemahaman penggolongan benda pada anak kelompok A TK Eka Puri Mandiri Surakarta Tahu Ajaran 2013/2014.


Kata Kunci: penggolongan benda, metode demonstrasi, video interaktif

References

Arsyad, A. (2005). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Collins, J., Hammond, M. & Wellington, J. (1997). Teaching and Learning with Multimedia. London and New York: Routledge.

Rasyad, A (2002). Metode Pendidikan Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Seefeldt, C. & Wasik, A.B. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 2. PT Macanan Jaya Cemerlang.

Sutikno, M.S. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Yus, A. (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.