BERMAIN KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN PENGENALAN KETERAMPILAN MENULIS PADA ANAK KELOMPOK B2 TK ISLAM PERMATA HATI JAJAR TAHUN 2013/2014

Jumrah Jumrah, Siti Wahyuningsih, Karsono Karsono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengenalan keterampilan menulis melalui bermain kartu huruf pada anak kelompok B2 TK Islam Permata Hati Jajar 2013/2104. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai ketuntasan pengenalan keterampilan menulis anak meningkat. Pada prasiklus hasil persentase adalah (27.27%), pada siklus I hasil persentase menjadi (59.09%), dan pada siklus II hasil persentase naik menjadi (86.36%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa bermain kartu huruf dapat meningkatkan pengenalan keterampilan menulis pada anak kelompok B2 TK Islam Permata Hati Jajar 2013/2014.


Kata kunci: bermain, kartu huruf, pengenalan keterampilan menulis

References

Adriana, D. (2011). Tumbuh Kembang & Terapi Bermain Pada Anak. Jakarta: Salemba Medika

Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Persiapan Membaca Dan Menulis Permulaan Melalui Permainan. Jakarta: Direktorat Pembinaan Taman Kanak Kanak Dan Sekolah Dasar

Khorida, L.M., & Fadlillah, M. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Musfiroh, T. (2005). Bermain Sambil Belajar Dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT Rineka Cipta

Rohman. (2013). Peningkatan Keterampilan Membaca dan Menulis Aksara Jawa Melalui Permainan Kartu Huruf. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Soemarjadi. (2001). Pendidikan Keterampilan. Malang: Universitas Negeri Malang

Suharso, & Retnoningsih. A. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: CV. Widya Karya

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Sutikno. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistico

Tamyit. (2010). Peningkatan Kemampuan Membaca Lancar dengan Media Kartu huruf Dalam Pembalajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar (PTK) Pada SD Negeri Pojiksari Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010.

Tarigan, H. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa

UU Sisdiknas. Undang-undang Rebuplik Indonesia Nomor 20 Tahun 2013 Tentang Pendidkan Nasional.

Yus, A. (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana

Refbacks

  • There are currently no refbacks.