PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP BENTUK GEOMETRI PADA ANAK KELAS A RA MASYITHOH SEGOROYOSO II TAHUN AJARAN 2013/2014

Nuur Annisa Ma'rifah, Jenny IS Poerwanti, Muhammad Munif Syamsudin

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan konsep bentuk geometri dengan menggunakan metode pembelajaran Index Card Match pada anak kelas A RA Masyithoh Segoroyoso II Tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelas A RA Masyithoh Segoroyoso II yang berjumlah 19 anak. Sumber data berasal dari guru dan anak. Teknik pengumpulan data adalah dengan dokumentasi, observasi, wawancara, dan unjuk kerja. Validitas data menggunakan Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang meliputi empat tahap yaitu pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan, reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran ICM dapat meningkatkan penguasaan konsep bentuk geometri pada anak kelas A RA Masyithoh Segoroyoso II Tahun Ajaran 2013/2014. Pada kondisi awal terdapat 3 anak yang mencapai kriteria tuntas sebesar 15%. Peningkatan terjadi pada siklus I sebesar 47% atau 9 anak telah mencapai kriteria tuntas. Dilanjutkan siklus II terdapat peningkatan yaitu 16 anak mencapai kriteria tuntas 84%.


Kata kunci : index card match, bentuk geometri

References

Drob, E.M. & Harden, K.P. (2011). Early Childhood Cognitive Development and Parental Cognitive Stimulation: Evidence for Reciprocal Gene–Environment Transactions. Developmental Science. DOI: 10.1111/j.1467-7687.2011.01121.x, 1-10. Diperoleh, 22 Oktober 2014, dari homepage.psy.utexas.edu.

Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Metode dan Model Pembelajaran. Jakarta : Indeks. Hiele, V. (1999). Developing geometric thinking through activities that begin with play (Versi elektronik). National Council of Teachers of Mathematics, 5 (6), 310. Diperoleh 24 Maret 2014, dari www.proquest.com.

Large, T.(2013).Kamus Matematika Bergambar. Jakarta: Erlangga.

Smith, A.M., & Price, A.J.(2012). Mathematics in Early Years Education. Canada : Routledge.

Sugiyono.(2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta. Sutikno, M.S. (2009). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Prospect.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Wena, M. (2010). Metode Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara.

Yus, A. (2011). Penilaian Perkembamgan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.