UPAYA MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI MIND MAP PADA ANAK KELOMPOK A1 TKIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

Ani Wijayanti, Hadi Mulyono, Muhammad Munif Syamsudin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris melalui Mind Map pada anak kelompok A1 TKIT Nur Hidayah tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan setiap kali pertemuan terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan obsevasi dan refleksi. Hasil menunjukan dari pratindakan persentase ketuntasan kosakata bahasa Inggris sebanyak 3 anak atau 23%, siklus I meningkat sebanyak 7 anak atau 54%, dan pada siklus II meningkat sebanyak 11 anak atau 85%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kosakata bahasa Inggris dapat ditingkatkan melalui Mind Map pada anak kelompok A1 TKIT Nur Hidayah Tahun Ajaran 2013/2014.


Kata Kunci: Kosakata Bahasa Inggris,Mind Map

References

Buzan, T. (2013). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PTGramedia Pustaka Utama.

Jannah (2013). Peningkatan Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Model

Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing (Pada Anak Usia

-4 Tahun KB

Tunas Mulaia Jati Mulyo Kebumen Tahun Pelajaran 2012-2013.

Surakarta: FKIP Sebelas Maret.

Jilla Bragess, & Vicci O,S,. (2010). Using Mind Mapping Techniques For

Rapid Qualitative Data Analysis In Public Participation Processes.journal

PublicHealth Department, dari 101 http://web.a.ebscohost.com.

Putri. (2013). Penerapan Metode Mind Map Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengingat Di SekolahDasar.(versi elektronik). Jurnal Penelitian Unesa,1 (2). Diperoleh 27 Maret 2013 dari http://ejournal.unesa.ac.id.

Suyanto, K. (2008). Engglish For Young Learners: Melejitkan Potensi Anak Melalui EnglishClasss Yang Fun, Asik Dan Menarik, Jakarta: Bumi Aksara. Syarif, C. (2010). Menjadi Pintar Dengan Otak Tengah: Cara Ampuh Memaksimalkan Kemampuan Otak Tengah Anak. Jogjakarta: PT. Star Books. Susanti, R. (2002). Penguasaan Kosakata Dan Kemampuan Membaca Bahasa Inggris. Suhartono. (2005). Pengembangan Keterampilan Bicara AUD. Jakarta: Deddiknas Dirjen Dikti.

Windura, S. (2013). I ST Mind Map Berfikir & Belajar Sesuai Dengan Cara Kerja Alami

Otak.Jakarta: PT. Gramedia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.