UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI METODE HYPNOTEACHING PADA ANAK KELOMPOK B TK SANDHY PUTRA KERTEN LAWEYAN, SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

Nurul Syamsiah, Retno Winarni, Muhammad Munif Syamsudin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan kemampuan berhitung melalui metode hypnoteaching pada anak kelompok B TK Sandhy Putra Kerten Laweyan, Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Pengertian kualitas proses pembelajaran mengacu pada proses pendidikan dan hasil pendidikan. Hypnoteaching merupakan metode berkomunikasi dengan memberikan sugesti yang bersifat persuasif untuk meningkatkan kualitas hidupnya dengan berbagai potens. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya merupakan perbaikan yang didasarkan atas hasil refleksi dari hasil siklus sebelumnya. Dalam tiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode hypnoteaching dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan kemampuan berhitung pada anak kelompok B TK Sandhy Putra Kerten Laweyan, Surakarta tahun ajaran 2013/2014.


Keywords: kemampuan berhitung, metode hypnoteaching

References

Cindy. (2012). Upaya Meningkatkan Pengenalan Berhitung Bilangan 1-10 Melalui Media Balok Cuisenaire Pada Anak Kelompok B TK Purwosari II Wonogiri. FKIP Universitas Sebelas Maret.

Depdiknas. (2007). Pedoman Permainan Berhitung Permulaan di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas Dierektorat Pembinaan TK dan SD.

Fakhruddin, A.U. (2010). Sukses Menjadi Guru TK-PAUD. Yogyakarta: Bening.

Hajar, I. (2011). Hypnoteaching. Yogyakarta: Diva Press.

Nurmaini. (2012). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Dadu Angka Di Tk Dharmawanita Persatuan Agam. FKIP Universitas Negeri Padang.

Noer, M. (2010). Hypnoteaching for Success Learning. Yogyakarta: Pedagogia.

Partini. (2010). Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.

Yudistira, E. (2012). Pengaruh Penerapan Hypnoteaching dalam Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi dan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. UPI Bandung.

Yustisia, N. (2012). Hypnoteaching : Seni Ajar Mengeksplorasi Otak Peserta Didik. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.