PENINGKATAN KERJASAMA MELALUI METODE OUTBOUND PADA ANAK KELOMPOK B TK ISLAM BAKTI IX KERTEN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

Ramaiyana Safitri, Hadiyah Hadiyah, Muhammad Munif Syamsudin

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kerjasama pada anak kelompok B TK Islam Bakti IX Kelurahan Kerten Kecamatan Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014 dengan menggunakan metode outbound. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari tiga kegiatan, yakni tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan dan observasi (act &observe), refleksi tindakan (reflecting). Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Islam Bakti IX Kerten Surakarta yang berjumlah 12 anak, 3 perempuan dan 9 laki-laki. Hasilnya metode outbound pada prasiklus nilai ketuntasan anak hanya 33,3%, dan pada siklus I meningkat menjadi 58,3% namun pada siklus II terjadi peningkatan secara signifikan yaitu 83,3%, jadi metode outbound dapat meningkatkan kerjasama anak kelompok B TK Islam Bakti IX Kerten Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014.


Keywords: kerjasama, metode outbound

References

Batista Y. (2012). Games Indoor-outdoor & Trik Modifikasi. Jogja: Jogja Bangkit Publisher.

Depdiknas. (2004). Kurikulum 2004 Taman Kanak-Kanak dan Raudhatul Athfal. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional

Djamarah, S.B. (2005). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: DIVA press.

Izzaty R.E. (2005): Jakarta: Mengenali Permasalahan Perkembangan Anak Usia TK. Departemen Pendidikan Nasional.

Maryatun, B. I. (2010). Pemanfaatan Kegiatan Outbound Untuk Melatih Kerjasama (Sebagai Moral Behavior) Anak Taman Kanak-Kanak. Pendidik Anak Usia Dini (PG-PAUD) FIP UNY

Mashar R. (2011). Emosi Anak Usia Dini dan Strategi pengembangannya. Jakarta: KENCANA PRENADA MEDIA GROUP.

Musfiroh T. (2005). Bermain Sambil Belajar dan Mengenal Kecerdasan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi

Paranita,P.D.http://skripsitk.blogspot.com.2013/05/upaya-meningkatkan kemandirianmelaluipermainanestafetkeluargaikan. html.

Diakses pada tanggal 4 maret 2014.

Rudyanto & Saputra, M.Y. (2005). Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.