PENINGKATAN KERJASAMA MELALUI METODE OUTBOUND PADA ANAK KELOMPOK B TK ISLAM BAKTI IX KERTEN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kerjasama pada anak kelompok B TK Islam Bakti IX Kelurahan Kerten Kecamatan Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014 dengan menggunakan metode outbound. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari tiga kegiatan, yakni tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan dan observasi (act &observe), refleksi tindakan (reflecting). Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Islam Bakti IX Kerten Surakarta yang berjumlah 12 anak, 3 perempuan dan 9 laki-laki. Hasilnya metode outbound pada prasiklus nilai ketuntasan anak hanya 33,3%, dan pada siklus I meningkat menjadi 58,3% namun pada siklus II terjadi peningkatan secara signifikan yaitu 83,3%, jadi metode outbound dapat meningkatkan kerjasama anak kelompok B TK Islam Bakti IX Kerten Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014.
Keywords: kerjasama, metode outbound
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Batista Y. (2012). Games Indoor-outdoor & Trik Modifikasi. Jogja: Jogja Bangkit Publisher.
Depdiknas. (2004). Kurikulum 2004 Taman Kanak-Kanak dan Raudhatul Athfal. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional
Djamarah, S.B. (2005). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: DIVA press.
Izzaty R.E. (2005): Jakarta: Mengenali Permasalahan Perkembangan Anak Usia TK. Departemen Pendidikan Nasional.
Maryatun, B. I. (2010). Pemanfaatan Kegiatan Outbound Untuk Melatih Kerjasama (Sebagai Moral Behavior) Anak Taman Kanak-Kanak. Pendidik Anak Usia Dini (PG-PAUD) FIP UNY
Mashar R. (2011). Emosi Anak Usia Dini dan Strategi pengembangannya. Jakarta: KENCANA PRENADA MEDIA GROUP.
Musfiroh T. (2005). Bermain Sambil Belajar dan Mengenal Kecerdasan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi
Paranita,P.D.http://skripsitk.blogspot.com.2013/05/upaya-meningkatkan kemandirianmelaluipermainanestafetkeluargaikan. html.
Diakses pada tanggal 4 maret 2014.
Rudyanto & Saputra, M.Y. (2005). Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan
Refbacks
- There are currently no refbacks.