Efek Terapi Perilaku dengan Metode Applied Behavior Analysis Terhadap Kemandirian Anak Autis

Anggun Oktavia, Muhammad Munif Syamsudin, Idam Ragil Widiyanto Atmojo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan terapi perilaku dengan metode Applied Behavior Analysis terhadap kemandirian anak autis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan subyek penelitian tunggal ataun Single Subject Research (SSR). Desain penelitian yang digunakan adalah Within Subject Design. Subjek penelitian adalah seorang anak kelompok B TK CEMARA DUA Banjarsari Surakarta. Teknik pengumpulan data melalu i checklist observasi kemandirian anak autis, dokumentasi, dan observasi. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan terapi perilaku dengan metode Applied Behavior Analysis terhadap kemandirian anak autis. Kemandirian anak meningkat sesudah penerapan terapi perilaku dengan metode Applied Behavior Analysis. Kemandirian anak meningkat mulai dari anak datang disekolah sampai anak siap menerima pembelajaran dikelas.


Kata kunci: Perkembangan Anak, Autis, Kemandirian, Terapi Perilaku, Metode Applied Behavior Analysis

References

Callahan, K., Mehta, S.S., Magee, S., Wie, M., (2009). ABA Versus TEACCH: The Case for Defining and Validating Comprehensive Treatment Models in Autism. J Autism Dev Disord, 40 (2010), 74-88.

Cramer, J. R. (2008). Reviving the Connection Between Children and Nature Throught Service Learning Restoration Partnerships. Native Plants Journal. 9 (3) 278-286.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Perkembangan Anak Usia Dini. Kementerian Pendidikan Nasional.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. (2012). Pedoman Pendidikan Karakter pada Pendidikan Anak Usia Dini. Kementerian Pendidikan Nasional.

Eikeseth, S., Smith, T., Jahr, E., & Eldevik, S. (2007). Outcome for Children with Autism who Began Intensive Behavioral Treatment Between ages 4 and 7: Comparison Controlled Study. Behavior Modification, 31, 264-278.

Fernell, E., (2013). Aggression in Low Functioning Children and Adolescents with Autistic Disorder. NIH Public Acces.

Geswind, D.H., (2009). Advances in Autism. Annu Rev Med 60 (2009), 367-380.

Green, C. (2013). A Sense of Autonomy in Young Children’s Special Places. International Journal for Early Chilhood Enviromental Education. 1 )1) 8-13.

Handojo. (2004). Autisma. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer

Masnipal. (2013). Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Ortega, J.V., (2010). Aplied Behavior Analytic Intervention for Autism in Early Chilhood: Meta-Analysis, Meta Regression and Dose-Response Meta Analysis of Multiple Outcomes. Clinical Psikologi Review, 30 (2010), 387-399.

Seefelt, C., & Wasik, B.A. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Shea, N.M., Millea, M. A., Diehl, J.J., (2013). Perceived Autonomy Support in Children with Autism Spectrum Disorder. Autism S3, 1-6.

Slavin.Robert. E. (2008) Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks.

Sriyanti. (2010). Efektivitas Terapi Perilaku dengan Metode Applied Behavior Analysis terhadap Pengendalian Kemampuan Motorik Kasar Anak Autis di ASA Center Surakarta. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Sunu, C. (2012). Unlocking Autism. Yogyakarta: Lintang Terbit.

Weiner, R.H., Greene, R.L., (2014). Intention Based Therapy for Autism Spectrum Disorder: Promising Results of a wait-list Control Study in Children. Elsevier, 10(1), 13-23.

Yamin, M, & Sanan, J.M. (2013). Panduan PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Gaung Persada Press Group.

Yuwono, J. (2009). Memahami Anak Autistik. Bandung: CV Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.