Upaya Meningkatkan Perilaku Empati Anak Melalui Teknik Two Stay Two Stray pada Anak Kelompok B Tk Islam Bakti IX Kerten Tahun Pelajaran 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku empati pada anak kelompok B TK Islam Bakti IX Kerten Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah murid kelompok B yang berjumlah 12 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai ketuntasan perilaku empati mengalami peningkatan setiap siklusnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif teknik two stay two stray dapat meningkatkan perilaku empati pada anak kelompok B TK Islam Bakti IX Kerten Surakarta tahun pelajaran 2013/2014.
Kata kunci: perilaku empati, pembelajaran kooperatif, teknik two stay two stray
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Azwar, S. (1995). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bursin.S.L. (2012). Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Sikap Empati Anak Kelompok B TK Permata Bunda Malang.(versi elektronik). Diperoleh 20 Maret 2013 dari http://karya-ilmiah.um.ac.id.
Goleman, D. (1995). Emotional Intelligence, Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Hurlock, B.E. (1978). Perkembangan Anak jilid 1, Jakarta: Erlangga.
Lie, A. (2002). Cooperative Learning (Mempraktikkan cooperative learning di ruang-ruang kelas), Jakarta: PT Gramedia.
Muhaimin. A.A. (2010). Mengembangkan Kecerdasan Sosial Bagi Anak, Jogjakarta: Katahati.
Parmawati. B. (2012). Peningkatan Kemampuan Empati Anak TK Melalui Kegiatan Bermain Sosiodrama di TK Brawijaya II Malang.(versi elektronik). Diperoleh 20 Maret 2013 dari http://karya-ilmiah.um.ac.id.
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.